Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jelang Pengumuman BI, Lelang Sukuk Besok Diprediksi Membaik

Associate Director Fixed Income Anugerah Sekuritas Ramdhan Ario Maruto menjelaskan, mengatakan, lelang sukuk pada Selasa besok kemungkinan akan mengalami perbaikan.
Lorenzo Anugrah Mahardhika
Lorenzo Anugrah Mahardhika - Bisnis.com 19 April 2021  |  14:48 WIB
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memaparkan materi saat acara Pertemuan Tahunan Bank Indonesia di Jakarta, Kamis (3/12 - 2020). Bisnis
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memaparkan materi saat acara Pertemuan Tahunan Bank Indonesia di Jakarta, Kamis (3/12 - 2020). Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA – Lelang Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) atau sukuk negara diprediksi akan kembali ramai seiring dengan kondisi pasar domestik dan luar negeri yang optimal selama beberapa pekan belakangan.

Associate Director Fixed Income Anugerah Sekuritas Ramdhan Ario Maruto menjelaskan, mengatakan, lelang sukuk pada Selasa (20/4/2021) besok kemungkinan akan mengalami perbaikan. Hal tersebut menyusul sejumlah sentimen positif yang datang baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Salah satu sentimen utama dari luar adalah komitmen bank sentral AS, The Federal Reserve (The Fed) yang akan tetap melakukan pembelian obligasi dalam jumlah besar. Ramdhan memaparkan, pernyataan The Fed terkait kelanjutan pembelian obligasi akan membuat kenaikan yield US Treasury cenderung tertahan.

“Pergerakan yield US Treasury yang mulai melambat akan membuat minat investor asing untuk ke emerging market seperti Indonesia meningkat,” jelasnya saat dihubungi pada Senin (19/4/2021).

Ia melanjutkan, naiknya minat investor asing untuk kembali pada pasar obligasi Indonesia juga mulai terlihat selama beberapa pekan belakangan. Hal tersebut tercermin dari peningkatan angka penawaran pada lelang SUN 13 April lalu dimana pemerintah berhasil menghimpun penawaran masuk sebesar Rp Rp42,97 triliun.

Jumlah penawaran yang masuk pada pekan lalu mengalami peningkatan dibandingkan lelang sebelumnya, yakni Selasa (31/3/2021) lalu yang hanya Rp33,95 triliun, meskipun masih terbilang rendah dibandingkan lelang-lelang lainnya.

Ramdhan menuturkan, tren tersebut akan berlanjut pada lelang sukuk Selasa besok. Hal ini juga didukung dengan kondisi fundamental ekonomi Indonesia yang cenderung kondusif, seperti nilai tukar rupiah yang berangsung menguat.

“Seharusnya hasil lelang besok akan membaik, kemungkinan akan berada di kisaran Rp20 triliun,” pungkasnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Obligasi bank indonesia sukuk Suku Bunga lelang sukuk
Editor : Hafiyyan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top