Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Indocement (INTP) Kenalkan Semen Hidrolik Ramah Lingkungan

Semen hidraulik diklaim lebih ramah lingkungan dan disebut juga green cement (semen hijau).
Dwi Nicken Tari
Dwi Nicken Tari - Bisnis.com 24 Maret 2021  |  16:12 WIB
Pekerja melakukan aktivitas bongkar muat semen di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta, Senin (4/9). - JIBI/Felix Jody Kinarwan
Pekerja melakukan aktivitas bongkar muat semen di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta, Senin (4/9). - JIBI/Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, JAKARTA – Emiten semen PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. akan mengenalkan semen jenis baru yaitu semen hidraulik tahun ini. Semen hidraulik diklaim lebih ramah lingkungan dan disebut juga green cement (semen hijau).

Direktur Utama Indocement Christian Kartawijaya mengatakan tahun ini perseroan akan mengenalkan produk baru semen hidrolik.

“[Target penjualan] mungkin 5 persen - 10 persen untuk green cement ini [dari total penjualan semen curah OPC]. Semen hidrolik tahun ini tahun pengenalan,” kata Christian dalam paparan publik, pekan lalu.

Adapun, Christian menyebut Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sudah mengeluarkan pernyataan untuk dapat menggeser penggunaan semen Ordinary Portland Cement (OPC) menjadi semen hidrolik.

Lebih lanjut, Christian menjelaskan semen hidrolik bisa menjadi alternatif pasukan semen curah di masa depan. Semen ini disebut lebih ramah lingkungan karena menurunkan CO2 dengan tingkat rasio klinker yang lebih rendah dari OPC.

“Semen hidrolik ini bisa dipakai untuk di air laut juga, temperatur tanah sangat rendah sehingga baik untuk cor juga,” ujar Chritsian.

Sebelumnya, emiten dengan kode saham INTP ini menargetkan pertumbuhan volume penjualan sebesar 4 persen pada 2021.

Dengan realisasi penjualan perseroan sepanjang 2020 sebesar 16,5 juta ton, kenaikan 4 persen akan membawa target volume penjualan semen emiten dengan kode saham INTP tersebut menjadi 17,16 juta ton.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

produksi semen indocement tunggal prakarsa
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top