Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Harga Emas Turun Hampir 2 Persen dalam Sepekan

Harga Emas rebound ke level US$1.800 per troy ounce pada perdagangan Jumat (5/2/2021). Namun, dalam sepekan, harga emas tertekan dan anjlok hampir 2 persen.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 06 Februari 2021  |  07:30 WIB
Harga Emas Turun Hampir 2 Persen dalam Sepekan
Emas batangan 24 karat ukuran 1oz atau 1 ons, setara 28,34 gram. Harga emas turun hampir 2 persen dalam sepekan. - Bloomberg
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Harga emas dunia mencetak rebound di akhir pekan seiring dengan data ketenagakerjaan Amerika Serikat yang mengecewakan. Kendati rebound, ecara mingguan harga emas amblas 1,9 persen dan menjadi koreksi terbesar sejak 8 Januari 2021.

Pada perdagangan Jumat (5/2/2021), harga emas kembali ke level psikologis US$1.800 per troy ounce. Harga emas Comex kontrak April 2021 naik 1,22 persen ke level US$1.813 per troy ounce. Sehari sebelumnya, harga emas anjlok 2,39 persen ke level US$1.791,20 per troy ounce.

Kenaikan harga emas terjadi bersamaan dengan tren pelemahan dolar. Indeks dolar yang mengukur kekuatan mata uang Negeri Paman Sam terhadap mata uang utama dunia lainnya melemah 0,6 persen.

"Harga emas akan mendapat sentimen pelemahan dolar dan kami perkirakan ini akan terjadi di sesi mendatang," kata Suki Cooper, analis di Standard Chartered seperti dikutip dari Antara, Sabtu (6/2/2021).

Data ketenagakerjaan yang baru dilansir cukup mengecewakan. Pemulihan pasar tenaga kerja di AS terbilang lambat hingga bulan kedua tahun ini.

Data nonfarm payroll (NFP) hanya naik 49.000 pada Januari 2021 menyusul penurunan 227.000 pada bulan sebelumya. NPF adalah perubahan tenaga kerja di semua sektor ekonomi AS kecuali pegawai pemerintah (PNS), pekerja rumah tangga, karyawan non-profit (LSM), dan pekerja sektor pertanian

Dewan Perwakilan Rakyat AS akan mengambil persetujuan akhir pada Jumat (5/2/2021) pada anggaran yang akan memungkinkan Demokrat mendorong paket bantuan Covid-19 senilai US$1,9 triliun. Emas dianggap sebagai lindung nilai terhadap inflasi dan penurunan nilai mata uang kemungkinan didorong oleh stimulus yang meluas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Harga Emas Hari Ini Harga Emas Antam harga emas comex

Sumber : Antara

Editor : Rivki Maulana
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top