Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PREMIUM NOTES : Dewan Pengawas SWF, Pilah-pilih Saham Berpeluang Cuan, Menyongsong Musim Semi Proyek EBT Joe Biden

Presiden Joko Widodo telah mengirim nama-nama calon dewan pengawas atau dewas Sovereign Wealth Fund (SWF) atau Lembaga Pembiayaan Investasi (LPI) ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) kemarin, Selasa (12/1/2021). Seperti apa rekam jejak tiga calon dewan pengawas tersebut dan bagaimana sentimen Joe Biden-Kamala Harris ke pasar modal dalam negeri?
Gajah Kusumo
Gajah Kusumo - Bisnis.com 22 Januari 2021  |  09:49 WIB
Sebelum ke UEA dan Arab Saudi, Menko Luhut dan Menteri BUMN Erick Thohir juga melakukan kunjungan kerja ke Tokyo, Jepang, untuk meminta dukungan bagi pembentukan SWF Indonesia.  - ANTAR
Sebelum ke UEA dan Arab Saudi, Menko Luhut dan Menteri BUMN Erick Thohir juga melakukan kunjungan kerja ke Tokyo, Jepang, untuk meminta dukungan bagi pembentukan SWF Indonesia. - ANTAR

Bisnis.com, JAKARTA — Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) akhirnya mengumumkan tiga nama calon Dewan Pengawas Sovereign Wealth Fund (SWF) atau lembaga pengelola investasi (LPI) yang sebelumnya telah ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo.

Adapun, Dewan Pengawas LPI terdiri dari lima orang dengan komposisi dua orang mewakili pemerintah yakni Menteri Keuangan dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), serta tiga orang dari unsur profesional.

Pada saat hampir bersamaan, Joe Biden resmi menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat. Akankah presiden baru AS memberikan sentimen positif ke pasar modal dalam negeri. Lalu emiten apa saja yang berpeluang terdampak positif?

1. Riwayat Dewas SWF, dari ‘Saksi' Jokowi-Ma'ruf hingga Pejabat Perusahaan Sawit

Tiga orang Dewan Pengawas Sovereign Wealth Fund (SWF) yang terpilih memiliki riwayat dan latar belakang yang relatif berbeda. Bahkan, salah satu dari mereka menjadi 'saksi' melenggangnya Jokowi-Ma'ruf sebagai kepala negara saat ini.

Baca berita selengkapnya di sini.

2. Joe Biden Bawa Sentimen Positif, Pilah-Pilih Saham Berpeluang Cuan

Joe Biden akhirnya resmi dilantik sebagai Presiden Amerika Serikat pada 20 Januari 2021, setelah sebelumnya sempat ‘tersandera’ oleh konflik yang dipincu oleh pendukung Donald Trump. Seperti apa dampaknya ke Indonesia?

Baca berita selengkapnya di sini.

3. Menguji Optimisme Kebangkitan Ekonomi lewat Vaksinasi ala Jokowi

Proses vaksinasi secara nasional yang dilakukan secara cepat diharapkan Presiden Joko Widodo menjadi pendorong bagi pemulihan ekonomi nasional. Namun, terdapat sejumlah tantangan lain yang mengadang kebangkitan ekonomi nasional tersebut.

Baca berita selengkapnya di sini.

4. MEDC, BRPT, ADRO, INDY Songsong Musim Semi Proyek EBT Joe Biden

Rencana Presiden AS Joe Biden untuk mengucurkan investasi hingga US$400 miliar untuk pengembangan energi bersih dan inovasi publik akan menjadi berkah bagi emiten Indonesia yang memiliki lini usaha energi baru terbarukan (EBT).

Baca berita selengkapnya di sini.

5. Zico Trust Kuasai Taksi Ekspress (TAXI)

Bos Grup Rajawali, Peter Sondakh adalah pendiri Taksi Ekspres (TAXI) melalui Rajawali Corpora. Forbes menempatkan crazy rich Surabaya itu sebagai orang terkaya ke-18 di Indonesia pada 2020. Namun pada awal 2021 ini, saham sang taipan di TAXI terus menciut akibat pembayaran utang dengan saham.

Baca berita selengkapnya di sini.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi taxi ebt vaksinasi Joe Biden SWF Indonesia
Editor : Gajah Kusumo
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top