Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Siapkan Capex Rp1 Triliun, Kalbe (KLBF) Bakal Tambah Produksi hingga Ekspansi ke Myanmar

Presiden Direktur Kalbe Farma Vidjongtius menuturkan secara anggaran pihaknya sudah menyiapkan belanja modal sebesar Rp1 triliun yang bersumber dari kas internal. Dana ini digunakan untuk menyelesaikan investasi yang sebelumnya sudah dilakukan.
Presiden Direktur PT Kalbe Farma Tbk. Vidjongtius memberikan paparan saat berkunjung ke kantor Bisnis Indonesia, di Jakarta, Selasa (15/5/2018)./JIBI-Dwi Prasetya
Presiden Direktur PT Kalbe Farma Tbk. Vidjongtius memberikan paparan saat berkunjung ke kantor Bisnis Indonesia, di Jakarta, Selasa (15/5/2018)./JIBI-Dwi Prasetya

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten farmasi swasta PT Kalbe Farma Tbk. (KLBF) menyiapkan sejumlah rencana ekspansi di dalam dan luar negeri dengan belanja modal Rp1 triliun pada 2021.

Presiden Direktur Kalbe Farma Vidjongtius menuturkan secara anggaran pihaknya sudah menyiapkan belanja modal sebesar Rp1 triliun yang bersumber dari kas internal. Dana ini fokusnya untuk menyelesaikan investasi yang sebelumnya sudah dilakukan.

"Capex 2021 dianggarkan sekitar Rp1 triliun sumber dana kas internal dan untuk penambahan kapasitas produksi di Cikarang dan Pulogadung, pabrik baru untuk obat resep, sarana distribusi dan logistik, dan infrastruktur digital" ungkapnya kepada Bisnis, Senin (18/1/2021).

Selain itu, dana Rp1 triliun tersebut digunakan emiten berkode saham KLBF itu guna menuntaskan pembangunan pabrik obat bebas atau over the counter (OTC) di Myanmar. Ekspansi tersebut akan menambah pabrik perseroan di luar negeri setelah sebelumnya di Nigeria.

Myanmar menjadi pasar potensial emiten berkode saham KLBF tersebut. Pasalnya, negara itu memiliki jumlah penduduk yang banyak serta masih membutuhkan obat kategori OTC.

Sementara itu, Kalbe Farma melalui anak usaha PT Kalbe-Genexine Biologics (KGBio) pada Rabu (30/12/2020) telah mendapat persetujuan pelaksanan uji klinik (PPUK) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM).

Persetujuan terssebut untuk melaksanakan uji klinik fase-2 obat GX-17, yakni obat immunotherapeutic yang akan dikembangkan sebagai pengobatan pasien COVID-19.

Mengutip keterangan resmi Kalbe, BPOM telah mengeluarkan persetujuan kepada KGBio untuk melakukan uji klinik fase-2 berdasarkan data keamanan dan efektivitas dari studi sebelumnya yang telah dilakukan oleh Genexine bersama IMAB di Korea Selatan.

GX-17 adalah satu-satunya obat long-acting interleukin-7 dalam pengembangan di dunia yang dapat meningkatkan jumlah limfosit absolut.

Peningkatan jumlah limfosit oleh GX-17 inilah yang dapat mencegah perburukan kondisi pasien COVID-19 mild atau asymptomatic terutama pada populasi rentan seperti orang tua dengan mengaktivasi T-cells dan system imun pada tahap awal infeksi COVID-19.

“Kalbe berkomiten untuk terus berkontribusi dalam penanganan pandemi COVID-19. Setelah bekerja sama dengan Genexine dalam pengembangan vaksin GX-19, saat ini Kalbe dan Genexine bekerja sama dalam pengembangan obat COVID-19 GX-17, “kata Sie Djohan, Direktur Kalbe Farma yang juga sebagai Presiden Direktur PT Kalbe Genexine Biologics.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper