Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Emiten Hary Tanoesodibjo Bakal Dapat Dana Rp385,2 Miliar

PT MNC Kapital Indonesia Tbk. (BCAP) berpotensi meraup dana segar Rp385,2 miliar dari private placement.
Dhiany Nadya Utami
Dhiany Nadya Utami - Bisnis.com 11 Januari 2021  |  08:18 WIB
Peluncuran Smart Payment Indonesia (SPIN) Minggu (3/11/2019). SPIN dijalankan PT MNC Teknologi Nusantara (MTN) yang merupakan anak perusahaan PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP). - mncfinancialservices.com
Peluncuran Smart Payment Indonesia (SPIN) Minggu (3/11/2019). SPIN dijalankan PT MNC Teknologi Nusantara (MTN) yang merupakan anak perusahaan PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP). - mncfinancialservices.com

Bisnis.com, JAKARTA — Lini jasa keuangan taipan Hary Tanoesoedibjo, PT MNC Kapital Indonesia Tbk. (BCAP), akan mengeksekusi Penambahan Modal Tanpa Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMTHMETD) atau private placement pada Selasa (12/1/2021).

Perseroan menerbitkan saham baru sebanyak 2,85 miliar dengan harga pelaksanaan Rp135 per lembar. BCAP berpotensi meraup dana segar Rp385,2 miliar.

"Hasil pelaksanaan PMTHMETD akan diumumkan pada Kamis (14/1/2021)," papar manajemen MNC Kapital Indonesia dalam keterangannya, dikutip Senin (11/1/2021).

Sementara itu, PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) membidik transaksi penambahan modal dan penggalangan dana di pasar Eropa dan Amerika Serikat seiring dengan aksi akuisisi perusahaan broker global Auerbach Grayson & Company LLC (AGCO).

Diketahui, BCAP melalui anak perusahaan yang dimiliki sepenuhnya, Winfly Ltd. telah mengakuisisi dan menjadi pengendali saham AGCO, sedangkan Co-Founder AGCO, David Grayson membeli kembali sisa saham.

Investor Relations MNC Kapital Natassha Yunira mengatakan bahwa perseroan tak bisa mengungkapkan berapa harga akuisisi yang disepakati kedua belah pihak. Namun, dia menyebut porsi saham AGCO yang diakuisisi oleh BCAP adalah sebanyak 75 persen.

Lebih lanjut, Natassha menjelaskan bahwa dengan adanya akuisisi ini maka anak usaha BCAP yakni MNC Sekuritas akan mengambil alih seluruh transaksi AGCO di Indonesia yang semula dipegang oleh PT BRI Danareksa Sekuritas.

“Target ke depan kita harapkan bagus, terutama menjembatani transaksi AGCO yang selama ini dipegang Danareksa, kita juga berharap nanti dari AGCO ini akan mempermudah untuk kita placement and fund raising, terutama dengan broker Eropa, termasuk UK, dan AS,” tuturnya kepada Bisnis, Senin (4/1/2021)

Sebelumnya, Executive Chairman of MNC Group Indonesia Hary Tanoesoedibjo menyebut akuisisi ini bertujuan untuk melengkapi jaringan distribusi kegiatan pasar modal MNC Sekuritas melingkupi placement dan broker saham, pasar utang, investment banking, riset dan online trading baik di Indonesia, maupun komunitas investasi global.

Adapun, komunitas global yang dituju terutama untuk wilayah Amerika Serikat, Inggris dan Eropa serta memperluas jaringan distribusi riset MNC Sekuritas di antara fund manager internasional. MNC Sekuritas juga akan menjembatani seluruh transaksi AGCO di Indonesia.

“Dengan mengakuisisi saham AGCO, BCAP akan mendapatkan keuntungan dari kuatnya jaringan internasional AGCO serta akses ke 126 mitra lokal di seluruh dunia,” kata Hary dalam keterangan resminya, Senin (4/1/2021)

Menurutnya, investasi ini akan memungkinkan MNC Sekuritas sebagai unit bisnis BCAP yang bergerak di bidang jasa pasar modal memperluas jangkauannya secara internasional dan berdampak positif pada kinerja persedoan di masa mendatang.

“Di pasar modal, distribution network yang kuat menjadi salah satu kunci keberhasilan, AGCO diharapkan dapat menjadi distribution network MNC Group untuk placement dan fundraising di Amerika Serikat maupun Eropa. Selain itu, AGCO akan berperan penting untuk pengembangan manajemen aset dibawah BCAP,” tambah Hary.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hary tanoe mnc mnc kapital private placement
Editor : Hafiyyan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top