Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Akuisisi Broker AS, Saham MNC Kapital (BCAP) Kembali Melejit

Saham PT MNC Kapital Tbk. melonjak hampir 30 persen di sesi pertama perdagangan hari ini, Selasa (5/1/2021).
Dhiany Nadya Utami
Dhiany Nadya Utami - Bisnis.com 05 Januari 2021  |  12:16 WIB
Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT MNC Kapital Tbk Tahun Buku 2019 - Istimewa
Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT MNC Kapital Tbk Tahun Buku 2019 - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Saham PT MNC Kapital Tbk. (BCAP) melanjutkan tren penguatan setelah ditutup dengan kenaikan signifikan di sesi pertama perdagangan hari ini, 5 Januari 2020.

Berdasarkan data Bloomberg, saham MNC Kapital menguat 44 poin atau 28,21 persen ke level 200 pada sesi pertama. Saham berkode BCAP itu langsung dibuka menguat 10 poin ke level 165 dan bergerak di rentang 158 hingga 210 sepanjang sesi pertama.

Total perdagangan saham BCAP mencapai 87,65 juta lembar dengan nilai transaksi Rp16,71 miliar. Kemarin, saham BCAP juga melonjak 15,56 persen ke level 156. Adapun sepanjang 2020, saham BCAP turun 10 persen dan ditutup di level 135 pada 30 Desember 2020.

Saham BCAP melejit usai pengumuman akuisisi ayoritas saham Auerbach Grayson & Company LLC (“AGCO”), broker saham yang berpusat di New York. Executive Chairman of MNC Group Indonesia Hary Tanoesoedibjo mengatakan akuisisi AGCO akan menguntungkan BCAP karena bisa mendapat akses 126 mitra lokal di seluruh dunia.

Akuisisi ini juga bertujuan untuk melengkapi jaringan distribusi kegiatan pasar modal MNC Sekuritas (placement dan broker saham), pasar utang, investment banking, riset dan online trading, tidak hanya di Indonesia, tetapi menjangkau hingga komunitas investasi global, terutama untuk wilayah Amerika Serikat, Inggris dan Eropa.

“Jejak AGCO di Indonesia tidak perlu diragukan lagi, investasi ini akan memungkinkan MNC Sekuritas, unit bisnis BCAP yang bergerak di bidang jasa pasar modal memperluas jangkauannya secara internasional dan berdampak positif pada kinerja kami ke depan,” jelas Harry dalam keterangan resmi.

Investor Relations MNC Kapital Natassha Yunira menambahkan, perseroan tak bisa mengungkapkan berapa harga akuisisi yang disepakati kedua belah pihak. Namun, dia menyebut porsi saham AGCO yang diakuisisi oleh BCAP adalah sebanyak 75 persen.

Lebih lanjut, Natassha menjelaskan bahwa dengan adanya akuisisi ini maka anak usaha BCAP yakni MNC Sekuritas akan mengambil alih seluruh transaksi AGCO di Indonesia yang semula dipegang oleh PT BRI Danareksa Sekuritas.

“Target ke depan kita harapkan bagus, terutama menjembatani transaksi AGCO yang selama ini dipegang Danareksa, kita juga berharap nanti dari AGCO ini akan mempermudah untuk kita placement and fundraising, terutama dengan broker Eropa, termasuk UK, dan AS,” tuturnya kepada Bisnis, Senin (4/1/2021).


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mnc group harry tanoe mnc kapital
Editor : Rivki Maulana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top