Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

XL Axiata (EXCL) Masih Buka Opsi Divestasi

XL Axiata (EXCL) mengklaim saat ini neraca keuangan perseroan sudah stabil dan kuat untuk mendukung kegiatan operasional maupun ekspansi. Namun, perseroan membuka peluang divestasi untuk memperkuat struktur permodalan.
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata. Bisnis/Arief Hermawan P
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata. Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten telekomunikasi PT XL Axiata Tbk. masih membuka peluang untuk divestasi baik berupa aset maupun saham. Adapun, dana divestasi yang terkumpul bakal digunakan oleh perseroan untuk memperkuat struktur permodalan.

Group Corporate Communication PT XL Axiata Tbk. Tri Wahyuningsih mengatakan bahwa dana divestasi yang didapatkan perseroan dari beberapa penjualan menara maupun pengalihan saham baru-baru ini digunakan untuk memperkuat struktur capital expenditure dan working capital.

“Dalam waktu dekat kami belum memiliki rencana untuk divestasi, namun kami selalu terbuka untuk me-review semua opsi yang berpotensi meningkatkan kualitas neraca keuangan perusahaan,” kata Ayu kepada Bisnis, Selasa (22/12/2020).

Adapun, emiten dengan kode saham EXCL tersebut mengklaim saat ini neraca keuangan perseroan sudah stabil dan kuat untuk mendukung kegiatan operasional maupun ekspansi.

Namun, Ayu menambahkan, pihaknya melakukan pengalihan layanan pusat data ataupun layanan non-core lainnya termasuk menara dilakukan sesuai strategi perseroan untuk lebih fokus pada bisnis inti di bidang telekomunikasi dan data.

Pada awal pekan ini, EXCL menyelesaikan transaksi jual beli termasuk pengalihan atas aset infrastruktur telekomunikasi kepada PT DHOST Telekomunikasi Nusantara dengan nilai Rp106,52 miliar.

Pekan lalu, EXCL mengalihkan 140.841 saham yang dimiliki dalam PT Princeton Digital Group Data Centres ke Princeton Digital Group (Indonesia Alpha) Pte. Ltd. Tanpa menyebutkan nilai transaksinya, kini kepemilikan EXCL tersisa 30 persen atau sebanyak 1,76 juta saham.

Pada bulan lalu, EXCL juga melepas 11 menara telekomunikasi ke PT Profesional Telekomunikasi Indonesia (Protelindo) dalam rangka menyelesaikan seluruh transaksi jual beli menara dengan Protelindo.

Secara total, EXCL menjual menara sejumlah 1.642 dari rencana transaksi awal 1.723 menara kepada Protelindo dengan nilai transaksi Rp2,21 triliun melalui lelang terbuka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dwi Nicken Tari
Editor : Rivki Maulana
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper