Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Perhatian! Telekomunikasi Indonesia Ganti Nama Jadi Telkom Indonesia

PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. mengubah namanya lebih singkat, menjadi PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk.
Finna U. Ulfah
Finna U. Ulfah - Bisnis.com 04 Desember 2020  |  10:49 WIB
Komplek perkantoran Telkom Hub milik PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. di Jalan Gatot Subroto, Jakarta. - telkom
Komplek perkantoran Telkom Hub milik PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. di Jalan Gatot Subroto, Jakarta. - telkom

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten telekomunikasi pelat merah, PT Telekomunikasi Indonesia (persero) Tbk. mengumumkan pergantian nama menjadi PT Telkom Indonesia (persero) Tbk.

Mengutip pengumuman Bursa Efek Indonesia (BEI), perseroan menyampaikan perubahan nama yang telah memperoleh persetujuan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.

Persetujuan itu tertera dalam Surat Keputusan No.AHU-0032595.AH.01.02. Tahun 2019 tentang Persetujuan Perubahan Anggaran Dasar Perseroan Terbatas Perusahaan Perseroan (Persero) PT Telekomunikasi Indonesia Tbk tanggal 24 Juni 2019.

Adapun, otoritas menerima penyampaian perubahan nama itu pada 2 Desember 2020 sehingga terhitung sejak 4 Desember 2020 PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. tercatat di Bursa Efek Indonesia dengan nama baru yaitu PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk.

“Perdagangan efek PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk di Bursa Efek Indonesia tetap menggunakan kode TLKM,”  tulis Bursa Efek Indonesia seperti dikutip dari keterangan resminya, Jumat (4/12/2020).

Untuk diketahui, Telkom punya sejarah yang panjang. Kiprahnya dimulai sejak zaman penjajahan Belanda. Berdasarkan informasi yang dihimpun Bisnis, Telkom menjadi  bagian dari badan usaha Post-en Telegraaflentdengan Staats blaad No.52 tahun 1884.

Pada 1957, Presiden Soekarno mengubah nama Post, Telegraf en Telefoon Dients(PTT-Dients) yang didirikan oleh di zaman Belanda, kemudian diubah menjadi menjadi Perusahaan Negara Pos dan Telekomunikasi.

Berselang delapan tahun, pemerintah membagi perusahaan Pos dan Telekomunikasi menjadi dua bagian yang berdiri sendiri yaitu Perusahaan Pos dan Giro (PN. Pos dan Giro) serta Perusahaan Negara Telekomunikasi (PN. Telekomunikasi).

Pada 1974, PN Telekomunikasi disesuaikan menjadi Perusahaan Umum Telekomunikasi (Perumtel) yang menyelenggarakan jasa telekomunikasi nasional maupun internasional.

Kemudian pada 1991, Perumtel bersalin nama menjadi Perseroan (Persero)Telekomunikasi Indonesia berdasarkan PP no. 25 tahun 1991. Empat tahun kemudian, Telkom melepas saham ke publik dan sejak saat itu sahamnya diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia, New York Stock Exchange(NYSE), dan London Stock Exchange(LSE).

Saat ini, Telkom menjadi emiten dengan kapitalisasi pasar jumbo alias big caps. Kapitalisasi pasar atau market capitalization Telkom mencapai Rp320,8 triliun.

Ddi lantai bursa pada perdagangan Jumat (4/12/2020) hingga pukul 10.41 WIB saham TLKM terkoreksi 1,82 persen ke posisi Rp3.240 per saham. Investor asing tercatat menjual saham TLKM dengan total net sell atau jual bersih mencapai Rp78,43 miliar. Sepanjang tahun berjalan 2020, TLKM telah terkoreksi 18,39 persen.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

BUMN telkom
Editor : Rivki Maulana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top