Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Masih Punya Kas Memadai, Ramayana (RALS) Masuk Rekomendasi EMTrade

Meski kinerja 3 kuartal awal tertekan pandemi, posisi kas yang kuat dan utang yang minim bikin RALS masuk ke saham rekomendasi EMTrade.
Logo Ramayana/istimewa
Logo Ramayana/istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten ritel PT Ramayana Lestari Sentosa (RALS) masuk dalam salah satu saham rekomendasi Ellen May Trade (EMTrade) sebagai sasaran investasi. Kendati masih menorehkan kinerja merah pada kuartal III/2020, posisi kas yang kuat membuat EMTrade memproyeksi RALS bisa bertahan dalam jangka waktu panjang.

"Saat ini RALS memiliki kas besar senilai Rp18 triliun. Total aset lancar juga lebih besar dibanding aset panjang. Sehingga, jika ada kewajiban yang harus segera dibayar, RALS bisa membayarnya," tulis EMTrade dalam publikasi riset yang diterima Bisnis.

RALS membukukan rugi bersih Rp100 miliar pada kuartal III/2020. Dengan catatan itu, secara akumulatif RALS merugi Rp95 miliar pada 9 bulan pertama 2020.

Selain posisi kas, penilaian positif EMTrade juga terhadap RALS di tengah keterpurukannya juga dipicu kondisi utang bank yang minim.

"Kas dibanding utang lancar (cash ratio) RALS sangat tinggi sebesar 3,15x dan RALS tidak memiliki utang bank. Kas dibanding total utang sebesar 1,8x. Secara valuasi murah dibanding historicalnya saat ini," sambung riset tersebut.

Pada akhir perdagangan Rabu (4/11) RALS ditutup pada harga Rp550 per lembar. Namun, hingga pukul 11.50 hari ini, RALS sudah tampak mengalami penguatan 15 poin alias 2,73 persen ke angka Rp565.

EMTrade merekomendasikan buy (beli) saham RALS pada rentang harga Rp500-Rp600, dengan potensial upside 72 persen. "Dengan asumsi vaksinasi tahun depan, kinerja RALS bisa lebih baik karena aktivitas ekonomi akan pulih," tandas mereka. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper