Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tol Manado-Bitung Baru Balik Modal Setelah 40 Tahun, Bagaimana Nasib Jasa Marga (JSMR)

PT Jasamarga Manado Bitung (JMB) memerkirakan BEP jalan tol Manado-Bitung terjadi setelah 40 tahun, sedangkan raihan laba dalam 10-15 tahun.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 26 Oktober 2020  |  19:50 WIB
Salah satu interchange di ruas jalan tol Manado-Bitung, Sulawesi Utara. Jalan tol ini diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, Selasa (29/9/2020) secara virtual. -  Jasa Marga
Salah satu interchange di ruas jalan tol Manado-Bitung, Sulawesi Utara. Jalan tol ini diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, Selasa (29/9/2020) secara virtual. - Jasa Marga

Bisnis.com, JAKARTA - PT Jasamarga Manado Bitung (JMB) memerkirakan nilai investasi jalan tol Manado-Bitung yang mencapai Rp4,9 triliun, baru bakal kembali setelah 40 tahun atau saat habis masa konsesinya.

Direktur Utama JMB George Manurung menjelaskan dalam rencana bisnis, proyek jalan bebas hambatan pertama di Sulawesi Utara ini akan dilewati sekitar 14.000 kendaraan setiap harinya.

"Tapi setelah beroperasi dan dibuka resmi oleh Presiden Jokowi sejak 29 September 2020 lalu, di saat tidak dikenakan tarif kami dapat sekitar 8.000 sampai 9.000 kendaraan sehari. Harapan kami bisa dapat jumlah trafik di angka sama setelah penetapan tarif," ujarnya dalam konpers virtual Senin (26/10/2020).

Rencananya jalan tol Manado-Bitung akan mulai dikenakan tarif Rp1.111 per kilometer bagi kendaraan golongan 1 pada 30 Oktober 2020 pukul 00.00 WITA.

Dari perhitungan yang dilakukan JMB, setelah dikenakan tarif jumlah pengguna tol diharapkan bisa sekitar 40 persen dari pengguna saat ini, yaitu di angka 3.000 - 4.000 kendaraan perhari.

Jumlah ini dinilai memang masih rendah, dengan alasan salah satunya karena masih masa pandemi Covid-19 sehingga masyarakat mengurangi aktifitas luar rumah. Bila pandemi selesai pihaknya berharap pengguna tol bakal bertambah.

"Dengan jumlah pengguna tol yang di hitungan awal tadi, lalu nilai investasinya Rp4,9 triliun, hitungan kasar kami sekitar 39 tahun atau sampai akhir konsesi 40 tahun baru bisa BEP atau balik modal," ujarnya.

Sementara itu untuk operasional, dari perhitungan perseroan juga diperkirakan dalam 10-15 tahun beroperasi, barulah JMB bisa mencatatkan perolehan laba dengan catatan adanya pertumbuhan trafik dan juga tarif dari faktor inflasi dan kenaikan rutin setiap 2 tahun sekali.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan tol jasa marga tol manado-bitung
Editor : Hafiyyan
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top