Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pajak Mobil Baru 0 Persen Ditolak, Astra (ASII) Buka Suara

ASII menegaskan perseroan bisa menerima keputusan pemerintah. Kabar itu juga sekaligus memberikan kepastian untuk industri. Meskipun demikian, industri otomotif tetap membutuhkan insentif yang dapat mendongkrak pasar.
PT Astra Internasional/Bisnis.com
PT Astra Internasional/Bisnis.com

Bisnis.com,JAKARTA— PT Astra International Tbk. buka suara soal usulan pajak 0 persen untuk mobil baru yang ditolak oleh pemerintah.

Head of Investor Relations Astra International Tira Ardianti mengatakan perseroan bisa menerima keputusan pemerintah. Kabar itu menurutnya juga sekaligus memberikan kepastian untuk industri.

“Walau industri tentunya menginginkan ada stimulus untuk meningkatkan pasar karena industri otomotif saat ini turun cukup besar,” ujarnya kepada Bisnis, Selasa (20/10/2020).

Tira menjelaskan bahwa dampak terhadap penjualan diperkirakan terhadap kecepatan pemulihan pasar otomotif. Dengan kepastian itu, pelanggan yang tadinya menunggu bisa mulai melakukan pembelian.

“Tentunya kami akan terus memberikan kemudahan bagi pelanggan agar dapat membantu mobilitas mereka,” imbuhnya.

Emiten berkode saham ASII itu menyatakan senantiasa memberikan pelayanan terbaik bagi para pelanggan. Perseroan menyatakan secara konsisten meluncurkan produk-produk baru yang sesuai dengan tren pasar seperti model hybrid baru-baru ini.

“Selama masa pandemi ini, kami juga berusaha memberikan rasa aman dan nyaman bagi para pelanggan kami dengan opsi berbelanja secara online dan melakukan layanan purna jual melalui home service,” imbuhnya.

Berdasarkan laporan per September 2020, penjualan mobil di bawah Grup Astra mencapai 25.799 unit pada September 2020. Realisasi itu naik 53,81 persen dibandingkan dengan 16.773 unit pada bulan sebelumnya.

Data menunjukkan realisasi penjualan kendaraan roda empat Grup Astra terus merangkak naik sejak Juni 2020—September 2020 atau bangkit dari level terendah 1.102 unit pada Mei 2020.

Kendati demikian, realisasi penjualan kendaraan roda empat Grup Astra belum kembali ke level sebelum pandemi Covid-19. Penjualan tertinggi tahun ini sebanyak 45.931 unit terjadi pada Maret 2020.

Dalam paparanya Senin (19/10/2020), Sri Mulyani menyatakan tidak mempertimbangkan untuk memberikan pajak mobil baru 0 persen. Menurutnya, pemerintah mencoba memberikan dukungan kepada sektor industri secara keseluruhan.

Sebelumnya, Analis PT Panin Sekuritas Tbk. Nico Laurens menilai penolakan usulan relaksasi pajak berdampak negatif terhadap sektor otomotif. Pasalnya, penurunan harga berpeluang memulihkan volume penjualan.

“Kalau lihat rilis data September 2020 kemarin, itu penjualan baru setengah dari penjualan normalnya. Apalagi, masih banyak agenda otomotif yang mundur tahun depan” ujarnya kepada Bisnis, Senin (19/10/2020).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper