Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Sektor Teknologi Positif, Bursa Eropa Ditutup Menguat

Indeks Stoxx Europe 600 ditutup menguat 0,2 persen atau 0,73 poin ke level 357,55 pada akhir perdagangan.
Aprianto Cahyo Nugroho
Aprianto Cahyo Nugroho - Bisnis.com 23 September 2020  |  04:25 WIB
Layar papan perdagangan di bursa Eropa - Bloomberg
Layar papan perdagangan di bursa Eropa - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Bursa saham Eropa ditutup menguat tipis pada perdagangan Selasa (22/9/2020) setelah dilanda aksi jual pada perdagangan sebelumnya.

Berdasarkan data Bloomberg, indeks Stoxx Europe 600 ditutup menguat 0,2 persen atau 0,73 poin ke level 357,55, didorong oleh sektor teknologi. Sementara itu, sektor asuransi dan perjalanan & wisata menjadi penekan terbesar terhadap penguatan indeks.

Investor masih berhati-hati dan memantau tanggapan Eropa terhadap kembalinya gelombang infeksi virus corona. Inggris mengumumkan langkah-langkah pengetatan lebih lanjut menyusul lonjakan kasus baru.

Dengan peningkatan volume perdagangan setelah libur musim panas selesai, bursa saham di kawasan ini merosot dengan laju paling dalam sejak 11 Juni pada hari Senin, di tengah meningkatnya tanda-tanda bahwa wabah virus corona di Eropa mulai kembali menyebar dengan cepat, sehingga membutuhkan tindakan lockdown lebih lanjut.

Saham yang memperoleh keuntungan dari perlambatan aktivitas publik, seperti produsen peralatan makan HelloFresh SE dan pengembang gim video Ubisoft Entertainment SA dan CD Projekt SA melawan tren pada hari Senin dan terus menguat pada hari Selasa.

Keraguan atas laju kurva pemulihan ekonomi telah dibenarkan karena Eropa tampaknya akan kembali memberlakukan pembatasan terkait pandemi.

“(Pembatasan tersebut akan dapat berlangsung selama 6 bulan, 12 bulan, dua tahun, siapa tahu," ungkap analis CMC Markets David Madden, seperti dikutip Bloomberg.

Madden menambahkan, saham sektor teknologi yang mengalami koreksi awal bulan ini diperkirakan mencatat penguatan jika lockdown dan pengetatan pembatasan kembali diberlakukan di Eropa.

Sementara itu, penyedia pembayaran yang berbasis di Dubai, Network International Holdings Plc, mencatat penguatan paling signifikan. Perusahaan asuransi spesialis Inggris Beazley Plc membukukan penurunan terbesar, setelah meningkatkan proyeksi biaya klaim Covid-19.

Sahamprodusen obat generik Hikma Pharmaceuticals Plc juga turun setelah mengalami kemunduran dalam proses persetujuan produk baru.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bursa eropa indeks stoxx europe 600
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top