Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wah, Emiten Ini Punya Alat Terapi Covid-19

Dengan kondisi pandemi Covid-19, penggunaan alat screening/ pemeriksaan dan pemisahan komponen darah menjadi semakin meningkat.
Sel virus Corona/Istimewa
Sel virus Corona/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Emiten distributor alat medis PT Itama Ranoraya Tbk (IRRA) bakal pasarkan alat terapi Covid-19.

Direktur Pemasaran dan Penjualan IRRA Hendry Herman mengungkapkan produk-produk perseroan seperti Screening Immunology dan Alat Pengambilan Komponen Darah saat ini sudah digunakan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) , Rumah Sakit Vertikal dan Palang Merah Indonesia (PMI).

Menurutnya pada kondisi darurat covid seperti saat ini permintaannya akan meningkat seiring dengan meningkatnya tindakan screening, pemeriksaan, pemisahaan komponen darah di UTD RS Pemerintah dan PMI di seluruh Indonesia.

“Permintaan atau penggunaan alat ini dalam 2-3 tahun terakhir tumbuh cukup bagus dimana pelaggan kami didominasi oleh institusi pemerintah seperti oleh PMI dan Kementrian Kesehatan, dengan kondisi pandemi Covid , kami melihat penggunaan alat screening/ pemeriksaan dan pemisahan komponen darah menjadi meningkat dengan sebaran permintaan semakin luas ” ungkap Hendry dalam keterangan resmi Selasa (22/9/2020)

IRRA juga memiliki alat untuk menunjang terapi Plasma Convalescent. Plasma Convalescent merupakan suatu metode alternatif penyembuhan dengan cara pemberian plasma darah dari orang yang telah dinyatakan sembuh dari Covid-19 kepada pasien lain yang dalam masa pengobatan untuk penyakit infeksi yang sama.

Terapi ini mendapat perhatian khusus dunia pasca pernyataan Presiden USA Donald bahwa FDA telah memberi ijin emergency use untuk convalescent plasma sebagai terapi Covid-19. Ijin ini didasarkan atas tindakan terapi Plasma Convalescent yang dilakukan kepada 70.000 pasien Covid-19 di Amerika. Hasilnya terdapat 35 persen improvement of survival dari pasien Covid tersebut.

Hendry menyebutkan terapi plasma Convalescent ini adalah metode terapi yang jauh sebelum adanya Covid-19 dan sudah diterapkan di dunia medis.

Di Indonesia penggunaan terapi Plasma Convalescent untuk penyembuhan Covid-19 telah dilakukan di beberapa RS Rujukan Covid-19 seperti RSPAD Gatot Soebroto, Rumah Sakit Umum Pusat Hasan Sadikin Bandung, Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati dan kedepan akan berkembang ke Rumah Sakit lainnya.

Adapun pada tahun lalu, kontribusi pendapatan dari Screening Immunology dan Alat Pengambilan Komponen Darah mencapai 56 persen terhadap total pendapatan perseroan. Tahun ini , manajemen memperkirakan porsinya akan meningkat.

"Untuk alat atau mesin pemeriksaan dan pemisahan komponen darah, Perseroan menyediakan produk dari Abbott (architect dan Alinity) dan Terumo BCT (Spectra Optia dan Trima Accel). Alat-alat tersebut merupakan peralatan wajib dalam kegiatan Unit Transfusi Darah (UTD)," imbuhnya.

Jumlah UTD di Indonesia saat ini sekitar 458 unit yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia, terdiri dari 234 unit milik pemerintah baik pusat maupun daerah dan 224 lagi milik Palang Merah Indonesia (PMI).

Berdasarkan data dari kementerian kesehatan Per 2019 jumlah RS sebanyak 2.344 unit. Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang solusi teknologi untuk pengadaan perangkat dan perlengkapan kesehatan IRRA saat ini memiliki 12 jaringan distribusi tersebar di seluruh Indonesia yang melayani pelanggan di seluruh wilayah Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Pandu Gumilar
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper