Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Xiaomi Andalkan Mobil Van untuk Jual Produknya di Pedesaan India

Xiaomi berharap penjualan luring via mobil van bisa membuat produk mereka terjual lebih banyak di India.
Redmi Note 9. Istimewa/Xiaomi Indonesia
Redmi Note 9. Istimewa/Xiaomi Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA - Pabrikan ponsel pintar asal China Xiaomi Corp resmi meluncurkan program Mi Store on Wheels pada Senin (21/9/2020). Program ini bertujuan menjangkau pangsa pasar di kawasan pedesaan India dengan cara menawarkan produk-produk Xiaomi menggunakan kendaraan berupa mobil van.

"Kami antusas meluncurkan Mi Store on Wheels, konsep inovatif yang membawa pengalaman ritel ke jantung kawasan India, dengan gerai yang bergerak dari desa ke desa," tulis perusahaan seperti diwartakan Bloomberg.

Bukan hanya ponsel pintar, lewat gerai keliling tersebut Xiaomi juga akan menjual produk-produk andalan mereka lainnya. Seperti televisi, kamera CCTV, earphone, powerbank, hingga kacamata.

Gebrakan Xiaomi merupakan bagian dari kepedulian perusahaan terhadap konsumen di India. Negeri Anak Benua adalah salah satu kawasan yang dipadati penggemar produk Xiaomi. Sepanjang 2019 misalnya, dari penjualan global Xiaomi, lebih dari seperempatnya terjual di kawasan India.

Meski demikian, pada kuartal II/2020 angka penjualan Xiaomi di India menurun karena pembatasan sosial yang memicu tutupnya sejumlah gerai. Kondisi ini pula yang kemudian mendorong Xiaomi membuat terobosan baru.

Xiaomi mengklaim ide Mi Store on Wheels dirampungkan para pegawainya di India hanya dalam kurun 40 hari.

"Gerai Mi Store on Wheels akan terjamin keamanannya untuk dikunjungi konsumen. Dengan inisiatif ini, ditopang jaringan kami yang kuat, kami berambisi menjangkau area-area yang sebelumnya sulit dijamah," tutur Kepala Xiaomi Divisi India Muralikrishnan B.

Saat ini, Xiaomi Divisi India telah menjalin kerja sama dengan 8.000 gerai penjual ponsel pintar. Mereka juga telah membangun 3.000 Mi Store di berbagai daerah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Ropesta Sitorus
Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper