Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Xiaomi Andalkan Mobil Van untuk Jual Produknya di Pedesaan India

Xiaomi berharap penjualan luring via mobil van bisa membuat produk mereka terjual lebih banyak di India.
Herdanang Ahmad Fauzan
Herdanang Ahmad Fauzan - Bisnis.com 21 September 2020  |  21:12 WIB
Redmi Note 9. Istimewa - Xiaomi Indonesia
Redmi Note 9. Istimewa - Xiaomi Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA - Pabrikan ponsel pintar asal China Xiaomi Corp resmi meluncurkan program Mi Store on Wheels pada Senin (21/9/2020). Program ini bertujuan menjangkau pangsa pasar di kawasan pedesaan India dengan cara menawarkan produk-produk Xiaomi menggunakan kendaraan berupa mobil van.

"Kami antusas meluncurkan Mi Store on Wheels, konsep inovatif yang membawa pengalaman ritel ke jantung kawasan India, dengan gerai yang bergerak dari desa ke desa," tulis perusahaan seperti diwartakan Bloomberg.

Bukan hanya ponsel pintar, lewat gerai keliling tersebut Xiaomi juga akan menjual produk-produk andalan mereka lainnya. Seperti televisi, kamera CCTV, earphone, powerbank, hingga kacamata.

Gebrakan Xiaomi merupakan bagian dari kepedulian perusahaan terhadap konsumen di India. Negeri Anak Benua adalah salah satu kawasan yang dipadati penggemar produk Xiaomi. Sepanjang 2019 misalnya, dari penjualan global Xiaomi, lebih dari seperempatnya terjual di kawasan India.

Meski demikian, pada kuartal II/2020 angka penjualan Xiaomi di India menurun karena pembatasan sosial yang memicu tutupnya sejumlah gerai. Kondisi ini pula yang kemudian mendorong Xiaomi membuat terobosan baru.

Xiaomi mengklaim ide Mi Store on Wheels dirampungkan para pegawainya di India hanya dalam kurun 40 hari.

"Gerai Mi Store on Wheels akan terjamin keamanannya untuk dikunjungi konsumen. Dengan inisiatif ini, ditopang jaringan kami yang kuat, kami berambisi menjangkau area-area yang sebelumnya sulit dijamah," tutur Kepala Xiaomi Divisi India Muralikrishnan B.

Saat ini, Xiaomi Divisi India telah menjalin kerja sama dengan 8.000 gerai penjual ponsel pintar. Mereka juga telah membangun 3.000 Mi Store di berbagai daerah.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

teknologi india korporasi xiaomi

Sumber : Bloomberg

Editor : Ropesta Sitorus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top