Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Dolar AS Rebound, Rupiah Berhasil Tetap Kokoh

Rupiah berhasil menguat tipis tipis 0,067 persen atau 11 poin pada perdagangan hari ini di saat indeks dolar menguat. Rupiah menjadi sedikit mata uang Asia yang mampu bertahan dari penguatan mata uang dolar AS.
Finna U. Ulfah
Finna U. Ulfah - Bisnis.com 17 September 2020  |  16:18 WIB
Karyawati menghitung uang dolar AS di Jakarta, Rabu (16/9/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Karyawati menghitung uang dolar AS di Jakarta, Rabu (16/9/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Rupiah berhasil parkir di zona hijau pada perdagangan har ini kendati dolar AS tengah bergerak lebih kuat daripada perdagangan sebelumnya.

Berdasarkan data Bloomberg, Kamis (17/9/2020) rupiah parkir di level Rp14.833 per dolar AS, berhasil menguat tipis 0,067 persen atau 11 poin. Padahal, indeks dolar AS yang mengukur kekuatan greenback di hadapan sekeranjang mata uang utama tengah bergerak menguat 0,05 persen ke level 93,261.

Adapun, kinerja rupiah saat ini menjadi yang terbaik ketiga di antara mata uang Asia lainnya yang sebagian besar tidak dapat mengalahkan kekuatan dolar AS. Kinerja rupiah tepat berada di bawah yen yang menguat 0,16 persen dan won yang naik 0,14 persen.

Direktur TRFX Garuda Berjangka Ibrahim mengatakan bahwa pergerakan rupiah tengah dibayangi sentimen hasil pertemuan bank sentral yang terlaksana pada hari ini. Di dalam negeri, Bank Indonesia mempertahankan suku bunga acuannya di kisaran 4 persen.

Selain itu, Bank Sentral Jepang juga mempertahankan tetap mempertahankan stimulus moneternya yang agresif sambil meningkatkan pandangannya tentang ekonomi yang dilanda pandemi. Adapun keputusan Bank of England dijadwalkan rilis pada Kamis (17/9/2020) waktu setempat.

Kemudian, sebelumnya Bank Sentral AS juga mempertahankan suku bunga di kisaran 0-0,25 persen dan berjanji untuk menunda pengetatan sampai AS kembali menyerap lapangan kerja maksimum dan inflasi kembali ke 2 persen.

“Dengan demikian, dalam perdagangan  akhir pekan, atau Jumat (18/9/2020) mata uang rupiah kemungkinan masih akan  berfluktuatif dan ditutup menguat tipis antara 5-20 point di level Rp14.800-Rp14.870 per dolar AS,” ujar Ibrahim seperti dikutip dari keterangan resminya, Kamis (17/9/2020).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Gonjang Ganjing Rupiah bank indonesia dolar as Kebijakan The Fed
Editor : Rivki Maulana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top