Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pekan Ini, Dua Emiten Rilis Obligasi Rp2,5 Triliun

Dua obligasi yang diterbitkan pada pekan ini diterbitkan oleh PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. dan PT Chandra Asri Petrochemical Tbk.
Ilustrasi OBLIGASI. Bisnis/Abdullah Azzam
Ilustrasi OBLIGASI. Bisnis/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA - Dua emiten telah merilis obligasi dengan total Rp2,5 triliun sepanjang pekan ini. Kedua emiten itu ialah PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk., yang merilis Obligasi Berkelanjutan IV Tahap I tahun 2020 senilai Rp1,5 triliun dan PT Chandra Asri Petrochemical Tbk., senilai Rp1 triliun.

Berdaarkan data Bursa Efek Indoensia, pada awal pekan, tepatnya pada Senin (24/8), Obligasi Berkelanjutan IV Bank BTN Tahap I Tahun 2020 (Obligasi Tahap I) yang diterbitkan oleh PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. mulai dicatatkan di BEI dengan nilai nominal sebesar Rp1,5 triliun.

Hasil pemeringkatan untuk Obligasi Tahap I adalah idAA+ (Double A Plus) dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo). Bertindak sebagai Wali Amanat dalam emisi ini adalah PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk.

BTN menyebutkan dana dari obligasi nantinya akan digunakan untuk sumber pembiayaan kredit, khususnya ekspansi pembiayaan perumahan.

Obligasi Tahap I ini dicatatkan dalam tiga seri yakni Seri A BBTN04ACN1) dengan nilai nominal Rp577 miliar dengan jangka waktu 370 hari.

Selanjutnya, Seri B (BBTN04BCN1) dengan nilai nominal Rp727 miliar dengan jangka waktu 3 tahun, dan Seri C (BBTN04CCN1) sebesar Rp196 miliar dengan jangka waktu 5 tahun.

“Tentunya hal ini juga sejalan dengan upaya kami mendukung Program Satu Juta Rumah milik pemerintah yang bertujuan menyediakan rumah murah dan terjangkau bagi masyarakat Indonesia,” ujar Nixon LP Napitupulu, Direktur Finance, Planning, and Treasury Bank BTN beberapa waktu lalu.

Emiten lainnya yang juga menerbitkan obligasi pekan lalu ialah PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) tepatnya Kamis (27/8). Obligasi Berkelanjutan III Chandra Asri Petrochemical Tahap I tahun 2020 ini senilai Rp1 triliun.

Hasil pemeringkatan dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) untuk Obligasi adalah idAA- (Double A Minus). Bertindak sebagai Wali Amanat dalam emisi ini adalah PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk.

Adapun, obligasi yang ditawarkan terdiri dari tiga seri. Pertama, Obligasi Berkelanjutan III Chandra Asri Petrochemical Tahap I Tahun 2020 Seri A (TPIA03ACN1) dengan tingkat bunga tetap sebesar 8,2% per tahun dengan nilai nominal Rp528,8 miliar dan jangka waktu 3 tahun.

Kedua, Obligasi Berkelanjutan III Chandra Asri Petrochemical Tahap I Tahun 2020 Seri B (TPIA03BCN1) dengan tingkat bunga tetap sebesar 8,7% per tahun dengan nilai nominal Rp357,7 miliar dan jangka waktu 5 tahun.

Ketiga, Obligasi Berkelanjutan III Chandra Asri Petrochemical Tahap I Tahun 2020 Seri C (TPIA03CCN1) dengan tingkat bunga tetap sebesar 9,2% per tahun dengan nilai nominal Rp113,5 miliar dan jangka waktu 7 tahun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Thomas Mola
Editor : Rivki Maulana
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper