Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tambah Rumah Sakit, Mitra Keluarga (MIKA) Siapkan Dana Rp300 Miliar

PT Mitra Keluarga Karyasehat Tbk. (MIKA) menyiapkan dana Rp300 miliar hingga Rp400 miliar untuk pembangunan dua rumah sakit pada tahun depan. Perseroan juga bakal merampungkan rumah sakit ke-26 pada akhir tahun mendatang.
Dhiany Nadya Utami
Dhiany Nadya Utami - Bisnis.com 24 Agustus 2020  |  18:08 WIB
Direktur PT Mitra Keluarga Karyasehat Tbk. Joyce V. Handajani (kiri) berbincang dengan Direktur Independen Esther Maria Ramono di sela-sela Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) di Jakarta, Rabu (26/6/2019). - Bisnis/Felix Jody Kinarwan
Direktur PT Mitra Keluarga Karyasehat Tbk. Joyce V. Handajani (kiri) berbincang dengan Direktur Independen Esther Maria Ramono di sela-sela Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) di Jakarta, Rabu (26/6/2019). - Bisnis/Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, JAKARTA — PT Mitra Keluarga Karyasehat Tbk. (MIKA) mengalokasikan dana sekitar Rp300 miliar hingga Rp400 miliar untuk pembangunan dua rumah sakit di tahun depan. Ekspansi ini melanjutkan belanja investasi untuk pembangunan rumah sakit tahun ini yang menelan dana hampir Rp300 miliar.

Chief Financial Officer Mitra Keluarga Joyce Handajani mengatakan perseroan bakal membangun dua rumah sakit baru di akhir tahun ini. Keduanya akan menjadi rumah sakit ke 27 dan 28 grup Mitra Keluarga.

“Rencananya rumah sakit ke 27 akan mulai [dibangun] di kuartal keempat kalau tidak ada kendala, untuk ke 28 secepat-cepatnya di first quarter tahun depan,” tuturnya dalam sesi paparan publik via layanan daring, Senin (24/8/2020).

Lebih lanjut dia menyatakan besaran anggaran untuk tiap rumah sakit tersebut antara Rp150 miliar hingga Rp300 miliar Jumlah investasi yang digelontorkan  tergantung dengan ukuran rumah sakit yang akan dibangun, termasuk luas tanah dan kapasitas tempat tidurnya.

Untuk sumber dana yang akan digunakan pada pembangunan kedua rumah sakit tersebut, Joyce menyebut pihaknya bakal menggunakan pos dana yang didapat dari initial public offering (IPO).

“Untuk tepatnya saya kurang ingat berapa [sisa dana IPO yang tersedia] tapi rencananya akan menggunakanan dana IPO kami,” imbuh dia.

Pada tahun ini, emiten bersandi saham MIKA itu telah menganggarkan Rp283 miliar untuk ekspansi. Jumlah tersebut hanya untuk pembangunan satu rumah sakit baru di Surabaya, Jawa Timur. 

Investor Relation Mitra Keluarga Aditya Widjaja mengatakan proses pembangunan rumah sakit tersebut per Jui 2020 telah menelan sekitar 50 persen dari capex atau sekitar Rp141 miliar. Adapun progres konstruksi sudah mencapai 90 persen.

“Harapannya akhir tahun ini bisa kami buka rumah sakit ke 26 ini,” ungkap Aditya.

Sementara itu, dari segi kinerja fundamental, emiten berkode saham MIKA tersebut tercatat belum mampu mencetak kinerja yang cemerlang sepanjang periode semester pertama tahun ini.

Berdasarkan laporan keuangan per 30 Juni 2020, perseroan mencetak pendapatan Rp1,44 triliun, menurun 9,03 persen secara tahunan. Dari situ, laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk juga ikut terkoreksi bahkan lebih dalam yakni 19,61 persen secara tahunan menjadi Rp288,74 miliar.

Aditya menjelaskan penurunan kinerja keuangan perseroan tidak hanya disebabkan oleh ketakutan masyarakat untuk mengunjungi rumah sakit diakibatkan oleh penyebaran Covid-19.

Tetapi juga hal ini diperparah dengan kekhawatiran beberapa dari tenaga medis senior yang sudah memiliki riwayat penyakit tertentu sehingga memilih untuk mengurangi jam praktek pada periode awal tahun.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

rumah sakit Kinerja Emiten rumah sakit mitra keluarga
Editor : Rivki Maulana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

BisnisRegional

To top