Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bursa Asia Ditutup Variatif, Topix Jepang Melesat 1,23 Persen

Pergerakan pasar saham hari ini mayoritas dipengaruhi oleh mandeknya pembahasan paket stimulus fiskal di Amerika Serikat
Bursa Saham Korea Selatan./ Seong Joon Cho - Bloomberg
Bursa Saham Korea Selatan./ Seong Joon Cho - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Bursa saham Asia ditutup dengan hasil bervariasi seiring dengan keraguan investor terhadap stimulus fiskal yang akan dikucurkan AS.

Dilansir dari Bloomberg pada Rabu (12/8/2020). indeks Topix Jepang menjaga reli positifnya dan ditutup naik 1,23 persen ke level 1.605,53. Hal serupa juga terjadi pada indeks Kospi Korea Selatan yang ditutup di kisaran 2.432,35, atau naik 0,57 persen

Di sisi lain, indeks S&P/ASX 200 Australia tidak mampu melanjutkan kenaikan dan terkoreksi tipis 0,11 persen di kisaran 6.132. Sementara itu, indeks Shanghai Composite juga terpantau melemah 0,8 persen di level 3.313,65.

Pergerakan pasar hari ini  dipengaruhi oleh mandeknya pembahasan paket stimulus fiskal di Amerika Serikat. Pemimpin Senat dari Partai Republik, Mitch McConnell mengatakan hingga saat ini pembahasan paket insentif fiskal di Washington tengah menemui jalan buntu.

Sementara itu, reli positif emas yang mendorong harga komoditas tersebut menembus US$2.000 per ounce terkoreksi pada Selasa kemarin. Hal ini terjadi seiring dengan terjadinya kenaikan tingkat imbal hasil obligasi yang berdampak pada harga komoditas seperti emas.

"Saat ini terlihat adanya profit taking yang terjadi. Para pelaku pasar ingin merotasi portofolionya pada beberapa produk yang performanya tengah menurun, ujar Portfolio Manager Gradient Investments, Keith Gangl.

Sementara itu, Calon Presiden AS dari Partai Demokrat, Joe Biden, memilih Senator dari Negara Bagian California, Kamala Harris, sebagai pasangannya dalam pemilihan presiden AS November mendatang. Biden meyakini, karakter progresif Harris selama berkarir dan ikatannya dengan golongan kulit hitam di AS akan mempermudah jalannya menuju Gedung Putih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper