Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penutupan Bioskop Diperpanjang, Ini Cara CGV Cinemas (BLTZ) Bertahan

Sejak akhir Maret, operasional bioskop telah diminta berhenti oleh pemerintah sampai batas waktu yang belum ditentukan
Bioskop CGV di Pacific Place./Istimewa
Bioskop CGV di Pacific Place./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Jawa Barat kompak melanjutkan PSBB di daerah Jabodetabek. Bisnis bioskop yang rencananya akan mulai dibuka pun, urung dilakukan.

Bagaimana strategi PT Graha Layar Prima Tbk. atau CGV Cinemas dengan kebijakan ini?

Public Relations Graha Layar Prima Hariman Chalid mengatakan perseroan berupaya melakukan jasa pembuatan video konten dan iklan untuk pihak ketiga atau eksternal. Selain itu, melaksanakan kegiatan pemasaran digital di seluruh platform daring perseroan.

“Kami berinovasi dengan beralih ke virtual dan memaksimalkan konten kreatif di digital platform CGV seperti Instagram, Youtube, dan Zoom,” katanya kepada Bisnis.

Meski demikian, Hariman tidak dapat mengungkapkan secara detil pemasukan dari upaya tersebut. Menilik dari hasil laporan keuangan kuartal I/2020, emiten dengan kode saham BLTZ ini menorehkan pendapatan Rp254,51 miliar, atau turun 12,91 persen dari posisi Rp292,25 miliar.

Segmen bioskop masih menjadi motor pendapatan dengan torehan Rp166,67 miliar atau 65,48 persen dari total pendapatan. Adapun, segmen makanan menyumbang Rp60,37 miliar, segmen acara dan iklan Rp27,38 miliar serta segmen lisensi dan jasa Rp87,40 juta.

Namun sejak akhir Maret, operasional bioskop telah diminta berhenti oleh pemerintah sampai batas waktu yang belum ditentukan. Oleh sebab itu manajemen melaporkan bila pada semester I/2020 akan terjadi penurunan laba bersih hingga 75 persen.

Adapun pada kuartal I/2020, BLTZ mencatatkan rugi bersih senilai Rp54,30 miliar. Dengan begitu, ada kemungkinan rugi ini akan semakin membengkak karena perseroan harus mengeluarkan dana minimal untuk menggaji karyawan.

Saat ini total karyawan BLTZ mencapai 586 orang dari posisi 2.147 pada akhir tahun lalu. Sekitar 1.561 karyawan ada yang mengundurkan diri atau habis masa kontrak.

Hariman mengatakan perseroan berupaya mengurangi biaya-biaya sewa tempat usaha melalui kerja sama dengan pemilik-pemilik lahan dan biaya operasional. Selain itu, BLTZ juga berolaborasi dengan para pelaku industri film dalam mempersiapkan film-film lokal terbaru yang akan ditayangkan di CGV setelah Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Pandu Gumilar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper