Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Waskita Karya (WSKT) Kejar Target Penyelesaian Tiga Ruas Jalan Tol

Kendati terkendala pekerja dan suplai material karena dampak Covid-19, Waskita Karya melakukan efisiensi dengan metode konstruksi dan penggunaan teknologi informasi.
Pemutaran Pier Head menggunakan teknologi Sosrobahu pada Jalan Tol Cimanggis - Cibitung Seksi 2./Badan Pengatur Jalan Tol
Pemutaran Pier Head menggunakan teknologi Sosrobahu pada Jalan Tol Cimanggis - Cibitung Seksi 2./Badan Pengatur Jalan Tol

Bisnis.com, JAKARTA – PT Waskita Karya (Persero) Tbk. tengah berfokus untuk merampungkan sejumlah ruas jalan tol baru untuk menambah portofolio lini usaha jalan bebas hambatan.

Sekretaris Perusahaan Waskita Karya Shastia Hadiarti menyampaikan ada tiga ruas jalan tol yang dijadwalkan selesai pada tahun ini. Ketiga ruas itu yakni jalan tol Cibitung—Cilincing,Cimanggis–Cibitung, dan Krian–Legundi – Bunder–Manyar (KLBM).

Jalan tol Cibitung—Cilincing dan Cimanggis–Cibitung merupakan bagian dari Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2. Sementara itu, jalan tol KLBM akan menjadi jalan lingkar bebas hambatan yang menghubungkan Mojokerto, Surabaya, dan Gresik.

“Saat ini, hampir 100 persen proyek yang dikerjakan oleh perseroan sudah berjalan dengan normal. Namun, masih ada kendala dari mendapatkan tenaga kerja proyek dan suplai bahan baku,” ujar Shastia kepada Bisnis, Selasa (23/6/2020).

Untuk menyiasati hal tersebut, perseroan melakukan efisiensi dengan metode konstruksi dan penggunaan teknologi informasi. Salah satunya adalah dengan memaksimalkan penggunaan Building Information Modelling (BIM).

Shastia menegaskan perseroan tetap mengutamakan kesehatan para pekerja di proyek dengan penerapan protokol pencegahan Covid-19 secara menyeluruh.Perseroan menyediakan fasilitas kesehatan yang mencukupi termasuk penyediaan hand sanitizer dan masker. Selain itu, tim quality, health, safety, environment (QHSE) proyek melakukan screening kesehatan setiap pekerja secara berkala, serta mempersiapkan fasilitas tempat tinggal pekerja yang memenuhi protokol pencegahan Covid-19.

Berdasarkan data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), ketiga proyek yang digarap Waskita Karya memang sudah mendekati rampung. Misal jalan tol KLBM, progres fisik di tiga seksi sepanjang 29 kilometer sudah mencapai lebih dari 95 persen. Sementara itu seksi empat 9,4 kilometer baru belum memulai tahap konstruksi karena memang pengerjaannya dilakukan di tahap setelah seksi 1-3.

Sementara itu, progres ruas Cibitung—Cilincing  progres seksi 1-3 sudah mencapai lebih dari 80 persen sedangkan seksi 4 37 persen persen. Secara keseluruhan, progres proyek jalan tol sepanjang 34 kilometer ini mencapai 73,72 persen per 30 Mei 2020. Adapun di proyek Cimanggis—Cibitung, progres konstruksi telah mencapai 71,83 persen untuk proyek sepanjang 25,21 kilometer. 

Proyek KLBM digarap lewat entitas PT Waskita Bumi Wira, badan usaha jalan tol yang dimiliki via Waskita Toll Road sebesar 80,56 persen. Adapun kepemilikan saham di Cibitung—Cilincing dan Cimanggis—Cibitung masing-masing 55 persen dan 90 persen. Perseroan mengakuisisi dua ruas ini masing-masing pada 2017 dan 2015.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Rivki Maulana
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper