Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Calon Komisaris BEI 2020—2023, Kemana Nama Boy Thohir?

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah mengirimkan surat kepada Direksi Bursa Efek Indonesia (BEI) sehubungan dengan pengajuan calon anggota Dewan Komisaris BEI masa jabatan 2020—2023.
M. Nurhadi Pratomo
M. Nurhadi Pratomo - Bisnis.com 22 Juni 2020  |  16:07 WIB
Karyawan melintas di dekat papan elektronik yang menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (18/2/2019). - Bisnis/Abdullah Azzam
Karyawan melintas di dekat papan elektronik yang menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (18/2/2019). - Bisnis/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA — Tiga nama baru diusulkan masuk ke dalam jajaran komisaris PT Bursa Efek Indonesia menggantikan sejumlah nama yang telah berakhir masa jabatannya.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah mengirimkan surat kepada Direksi Bursa Efek Indonesia (BEI). Surat itu sehubungan dengan pengajuan calon anggota Dewan Komisaris BEI masa jabatan 2020—2023 yang disampaikan oleh PT Mandiri Sekuritas selaku koordinator kelompok Anggota Bursa (AB) pendukung Kelompok A, PT Bosowa Sekuritas selaku koordinator AB pendukung Kelompok B, dan PT KGI Sekuritas Indonesia selaku koordinator Anggota Bursa pendukung Kelompok C.

Berdasarkan ketentuan Pasal 40 Ayat 1 Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) Nomor 58/POJK.04/2016 tentang Direksi dan Dewan Komisaris BEI dan hasil penilaian kemampuan dan kepatutan, OJK menetapkan calon anggota Dewan Komisaris BEI terpilih untuk diangkat dalam rapat umum pemegang saham tahunan 2020 BEI, pada Selasa (30/6/2020).

Nama-nama calon tersebut ialah John A. Prasetio sebagai Komisaris Utama, Mohammad Noor Rachman Soejoeti sebagai Komisaris, Heru Handayanto sebagai Komisaris, Karman Pamurahardjo sebagai Komisaris, dan Pandu Patria Sjahrir sebagai Komisaris.

Pandu adalah putra pasangan ekonom Sjahrir dan Nurmala Kartini Pandjaitan Sjahrir, adik Luhut Binsar Pandjaitan. Saat ini, Pandu tercatat sebagai Direktur PT Toba Bara Sejahtra Tbk dan Presiden Komisaris SEA Group Indonesia.

Saat dimintai konfirmasi Bisnis, Juru Bicara OJK Sekar Putih Djarot mengatakan Otoritas melakukan fit and proper test setelah adanya pengajuan dan seluruh persyaratan administrasi dipenuhi. Adapun, hasilnya disampaikan langsung kepada pihak terkait atau yang mengajukan.

POJK Nomor 58/POJK.04/2016 tentang Direksi dan Dewan Komisaris BEI mengatur masa jabatan Dewan Komisaris Bursa Efek adalah 3 tahun sejak RUPS pengangkatan sampai dengan penutupan RUPS tahun ketiga. Setiap orang hanya dapat diangkat kembali untuk satu kali masa jabatan.

Dari jajaran dewan Komisaris BEI saat ini, ada dua nama yang telah diangkat sejak 2014. Pertama, Hendra H. Kustarjo yang mengisi kursi komisaris sejak Juli 2014. Kedua, Lydia Trivelly Azhar yang menjabat sebagai Komisaris BEI sejak Juli 2014.

Nama Komisaris BEI saat ini yang juga tidak masuk lagi dalam daftar calon periode 2020-2023 adalah Garibaldi Thohir. Boy, sapaan akrabnya, menjabat sebagai komisaris sejak 2015.

Boy saat ini juga menjabat sebagai Presiden Direktur PT Adaro Energy Tbk. (ADRO). Kakak dari Menteri BUMN Erick Thohir itu juga menjabat sebagai komisaris PT Merdeka Copper Gold Tbk.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bursa efek indonesia komisaris RUPS
Editor : Hafiyyan
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top