Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Astra International (ASII) Ganti Komisaris dan Direksi, Ini Susunan Lengkapnya

Perubahan komisaris dan direksi tersebut merupakan salah satu hasil mata acara yang dibahas dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada hari ini, Selasa (16/6/2020).
Ilman A. Sudarwan
Ilman A. Sudarwan - Bisnis.com 16 Juni 2020  |  11:34 WIB
Suasana kantor pusat PT Astra International Tbk (ASII) di kawasan Jln Sudirman, Jakarta pusat, Selas (16 - 6).Hasil RUPS Astra International menyetujui Djony Bunarto Tjondro diangkat menjadi Presiden Direktur menggantikan Priyono Soegiarto yang juga disetujui menjadi Komisaris Utama. Nurul Hidayat
Suasana kantor pusat PT Astra International Tbk (ASII) di kawasan Jln Sudirman, Jakarta pusat, Selas (16 - 6).Hasil RUPS Astra International menyetujui Djony Bunarto Tjondro diangkat menjadi Presiden Direktur menggantikan Priyono Soegiarto yang juga disetujui menjadi Komisaris Utama. Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA – Setelah 10 tahun mengemban jabatan Presiden Direktur PT Astra International Tbk., Prijono Sugiarto diganti oleh Djony Bunarto Tjondro.

Perubahan tersebut merupakan salah satu hasil mata acara yang dibahas dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada hari ini, Selasa (16/6/2020).

Djony Bunarto sebelumnya telah menjabat Wakil Direktur Astra International sejak April 2019. Sebelumnya, dia juga telah menjadi Direktur selama 2015—2019.

Sementara itu, Prijono yang lengser dari posisi Direktur Utama akan mengisi posisi Komisaris Utama Astra International. Dia menggantikan Budi Setiadharma yang telah mengisi posisi tersebut sejak 2005.

Selain perubahan pucuk kepemimpinan, RUPST pada hari ini juga mengumumkan pergantian lain di struktur komisaris perusahaan. Perseroan menerima pengunduran diri dua komisaris dan mengangkat penggantinya.

Chatib Basri yang mengundurkan diri dari posisi Komisaris Independen digantikan oleh Rahmat Waluyanto. Sementara itu, Apinont Suchewaboripont diangkat sebagai Komisaris Independen menggantikan Akihiro Murakami yang mengundurkan diri.

Selain itu, perubahan komisaris juga dilakukan dengan mengangkat Benjamin Birks sebagai pengganti David Alexander Newbigging yang telah menduduki posisi komisaris sejak April 2012.

Selain perubahan direksi, RUPST juga memutuskan pembagian dividen sebesar Rp214 per saham atau setara Rp8,66 triliun dari laba bersih tahun buku 2019 yang mencapai Rp21,7 triliun. Adapun, sisanya laba sekitar Rp13 triliun ditetapkan sebagai laba ditahan.

Perseroan telah membagikan dividen interim sebesar Rp57 per saham pada tahun lalu. Dengan demikian, sisa dividen yang akan dibayarkan adalah Rp157 per saham atau setara Rp6,35 triliun.

Pembayaran dividen tersebut akan dilakukan pada tanggal 10 Juli 2020 kepada Pemegang Saham Perseroan yang namanya tercatat dalam Daftar Pemegang Saham Perseroan pada tanggal 26 Juni 2020 pukul 16:00 WIB.

Adapun, daftar susunan lengkap Direktur dan Komisaris Astra International per hari ini adalah sebagai berikut.

Direksi Perseroan
Presiden Direktur : Djony Bunarto Tjondro
Direktur : Johannes Loman
Direktur : Suparno Djasmin
Direktur : Chiew Sin Cheok
Direktur : Gidion Hasan
Direktur : Henry Tanoto
Direktur : Santosa
Direktur : Gita Tiffani Boer
Direktur : FXL Kesuma

Dewan Komisaris Perseroan
Presiden Komisaris : Prijono Sugiarto
Komisaris Independen : Sri Indrastuti Hadiputranto
Komisaris Independen : Rahmat Waluyanto
Komisaris Independen : Apinont Suchewaboripont
Komisaris : Anthony John Liddell Nightingale
Komisaris : Benjamin William Keswick
Komisaris : Mark Spencer Greenberg
Komisaris : John Raymond Witt
Komisaris : Stephen Patrick Gore
Komisaris : Benjamin Birks

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

astra rups astra international
Editor : Hafiyyan
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top