Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Aneka Tambang (ANTM) Tebar Dividen Rp67,84 Miliar, 35 Persen dari Laba

Rasio pembayaran dividen (DPR) yang ditetapkan Antam tahun ini sama dengan tahun sebelumnya.
Emas batangan produksi PT Aneka Tambang Tbk./mind.id
Emas batangan produksi PT Aneka Tambang Tbk./mind.id

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten pertambangan logam, PT Aneka Tambang Tbk., tetap membagikan dividen untuk tahun buku 2019, kendati realisasi kinerja pada tahun lalu terkontraksi.

Dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang digelar hari ini, Kamis (11/6/2020), emiten berkode saham ANTM itu menyepakati jumlah dividen yang akan dibagikan adalah sebesar Rp67,84 miliar.

Jumlah tersebut setara dengan sebesar 35 persen dari total laba tahun berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk 2019 sebesar Rp193,85 miliar. Adapun, realisasi itu anjlok 88,2 persen secara year on year (yoy).

“Pemegang saham juga menyetujui laba ditahan sejumlah Rp126 miliar atau 65 persen dari Laba Tahun Berjalan yang Dapat Diatribusikan kepada Pemilik Entitas Induk untuk Tahun Buku 2019,” tulis Manajemen Aneka Tambang dikutip dari keterangan resminya, Kamis (11/6/2020).

Sebagai informasi, saat ini jumlah saham beredar ANTM per 12 Mei 2020 adalah sekitar 24,03 miliar. Dengan demikian,  nilai yang diterima oleh pemegang saham adalah sekitar Rp2,82 per saham.

Adapun, rasio pembagian dividen atau dividend payout ratio (DPR) ANTM kali ini sama dengan besaran pada dua tahun lalu. Dalam RUPST tahun lalu, disepakati bahwa ANTM akan mengalokasikan 35 persen dari laba bersih 2018 sebagai dividen kepada pemegang saham. Dengan demikian, perseroan  membayarkan dividen Rp306,4 miliar atau Rp12,74 per saham.

Kemudian pada 2017, ANTM membagikan 35 persen dari laba bersih 2017 sebagai dividen kepada pemegang saham atau setara Rp47,7 miliar. Dengan demikian, nilai yang diterima oleh pemegang saham adalah sebesar Rp1,99 per saham.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Finna U. Ulfah
Editor : Rivki Maulana

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper