Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Makin Banyak Aktivitas Bisnis Dibuka Kembali, Bursa Eropa Menguat

Bursa saham Eropa menguat bersama dengan kontrak berjangka bursa AS pada perdagangan Senin (18/5/2020), menyusul dorongan dari tanda-tanda pembukaan kembali aktivitas bisnis di berbagai penjuru dunia.
Aprianto Cahyo Nugroho
Aprianto Cahyo Nugroho - Bisnis.com 18 Mei 2020  |  15:33 WIB
Indeks Stoxx 600 - Reuters
Indeks Stoxx 600 - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Bursa saham Eropa menguat bersama dengan kontrak berjangka bursa AS pada perdagangan Senin (18/5/2020), menyusul dorongan dari tanda-tanda pembukaan kembali aktivitas bisnis di berbagai penjuru dunia.

Indeks Stoxx Europe 600 terpantau menguat 1,91 persen atau 6,29 poin ke level 334, 49 pada awal perdagangna hari ini, didorong oleh penguatan sektor pertambangan, energi, dan otomotif.

Sementara itu, kontrak pada indeks S&P 500 menguat 1,5 persen setelah berita bahwa pembukaan aktivitas ekonomi California saat ini mencapai 75 persen menyusul pelonggaran pembatasan aktivitas.

Apple Inc. mengatakan hampir 100 toko telah dibuka kembali. Meski begitu, Federal Reserve telah memperingatkan potensi penurunan harga aset jika pandemi memburuk.

Investor memulai pekan ini dengan harapan untuk rebound. Selain itu, investor mengabaikan data yang melukiskan gambaran nyata kerusakan yang diakibatkan virus Corona.

Gubernur Federal Reserve Jerome Powell mengatakan ekonomi AS akan pulih dari pandemi virus Corona, tetapi prosesnya dapat berlangsung sampai akhir tahun depan dan bergantung pada perkembangan produksi vaksin.

"Dengan kemungkinan terburuk dari pandemi semakin berkurang, pasar ekuitas yang didukung bank sentral tidak mungkin menguji ulang posisi terendah," kata Kepala Analis Principal Global Investors Seema Shah, seperti dikutip Bloomberg.

"Namun, meskipun momentum pembukaan kembali perekonomian membuat aset berisiko sedikit menguat dalam waktu dekat, lesunya laju pemulihan ekonomi dan ketidakpastian mendalam terhadap prospek virus Corona menahan penguatan tersebut,” lanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bursa eropa indeks stoxx 600

Sumber : Bloomberg

Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top