Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

J Resources (PSAB) Siap Tebus Surat Utang MTN Rp500 Miliar

J Resources akan melunasi MTN lewat penerbitan obligasi.
Finna U. Ulfah
Finna U. Ulfah - Bisnis.com 04 Mei 2020  |  03:38 WIB
Direktur PT J Resources Asia Pasific Tbk William Surnata (dari kanan) berbincang dengan Direktur Edi Permadi, Direktur Budikwanto Kuesar, dan Vice President Eksplorasi Adi Maryono, usai menerbitkan obligasi perseroan, di Jakarta, Senin (17/6/2019). - Bisnis/Endang Muchtar
Direktur PT J Resources Asia Pasific Tbk William Surnata (dari kanan) berbincang dengan Direktur Edi Permadi, Direktur Budikwanto Kuesar, dan Vice President Eksplorasi Adi Maryono, usai menerbitkan obligasi perseroan, di Jakarta, Senin (17/6/2019). - Bisnis/Endang Muchtar

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten pertambangan PT J Resources Asia Pasifik Tbk. akan melakukan  pembayaran surat utang jangka menengah atau  medium term notes (MTN) yang akan jatuh tempo pada 18 Mei 2020. Pelunasan akan menggunakan dana hasil penerbitan obligasi.

Berdasarkan data PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), perseroan tercatat memiliki MTN  I J Resources Nusantara Tahun 2017 senilai Rp500 miliar yang akan jatuh tempo pada 18 Mei 2020.

Direktur J Resources Asia Pasifik Edi Permadi mengatakan bahwa perseroan akan melunasi kewajiban tersebut melalui skema refinancing dengan menerbitkan obligasi.

“MTN I akan refinancing dengan IDR Bond tahap 3 yang telah terbit Februari 2020 yang lalu, di mana kami menunggu tanggal jatuh tempo,” ujar Edi kepada Bisnis, Minggu (3/5/2020).

Untuk diketahui, pada Februari lalu emiten berkode saham PSAB itu telah mengemisi Obligasi Berkelanjutan I J Resources Asia Pasifik Tahap III Tahun 2020 dengan jumlah pokok sebesar Rp569,65 miliar.

Sebelumnya emiten berkode saham PSAB tersebut melakukan penawaran umum obligasi berkelanjutan I J Resources Asia Pasifik dengan target dana yang dihimpun sebesar Rp3 triliun. Adapun, pada tahap I dan II tahun 2019, perseroan sudah menerbitkan Rp256 miliar dan Rp500 miliar.

Kemudian belum lama ini, J Resources telah menerbitkanObligasi Berkelanjutan I J Resources Asia Pasifik Tahap IV Tahun 2020 dengan jumlah pokok sebanyak-banyaknya Rp300 miliar dan kupon sebesar 10,25 persen.

Dari jumlah pokok tersebut sebesar Rp150 miliar akan dijamin dengan dengan kesanggupan penuh atau full commitment dengan tenor tiga tahun dan sisanya Rp150 miliar lainnya akan dijamin dengan kesanggupan terbaik atau best effort.

Dengan demikian, jika obligasi tidak terjual sebagian atau seluruhnya, maka perseroan tidak memiliki kewajiban untuk menerbitkan obligasi itu.Adapun, obligasi itu akan digunakan untuk modal kerja PSAB dan entitas anak usahanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Harga Emas Hari Ini j resources aksi emiten
Editor : Rivki Maulana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top