Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Berkat Uji Coba Gilead, Bursa Eropa Naik Tajam 1,75 Persen

Penguatan bursa Eropa berlanjut pada akhir perdagangan Rabu (29/4/2020), didorong optimisme mengenai adanya obat untuk melawan penyakit virus corona (Covid-19).
Renat Sofie Andriani
Renat Sofie Andriani - Bisnis.com 30 April 2020  |  04:35 WIB
Bursa Efek Frankfurt. - Alex Kraus / Bloomberg
Bursa Efek Frankfurt. - Alex Kraus / Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Penguatan bursa Eropa berlanjut pada akhir perdagangan Rabu (29/4/2020), didorong optimisme mengenai adanya obat untuk melawan penyakit virus corona (Covid-19).

Pergerakan indeks Stoxx Europe 600, yang mewakili saham perusahaan-perusahaan di 17 negara kawasan Eropa, berakhir di level 347,06, level tertinggi baru dalam tujuh pekan, dengan kenaikan tajam 1,75 persen atau 5,97 poin dari level penutupan perdagangan sebelumnya.

Pada perdagangan Selasa (28/4/2020), indeks Stoxx ditutup di level 341,09 dengan penguatan 1,68 persen atau 5,65 poin, penguatan hari kedua berturut-turut.

Indeks Stoxx melanjutkan penguatannya setelah perusahaan biofarmasi asal Amerika Serikat Gilead Sciences Inc. mengungkapkan pengobatan eksperimental untuk Covid-19 telah memenuhi tujuan utama dalam sebuah uji klinis.

Turut menopang penguatan bursa Eropa adalah langkah-langkah stimulus dan harapan mengendurnya lockdown yang diberlakukan banyak negara untuk meredam persebaran virus corona.

Pedagang juga menantikan keputusan kebijakan moneter Federal Reserve AS setelah pasar tutup hari ini, dan Bank Sentral Eropa (ECB) berikutnya.

“Uji coba Gilead ini sebenarnya merupakan skenario kasus terbaik, sangat positif dan pasar akan naik banyak,” ujar Richard Tan, Direktur PanAgora Asset Management di Boston, seperti dikutip dari Bloomberg.

“Baru kemarin kita masih ragu-ragu apakah pasar akan kembali menyentuh posisi rendahnya pada Maret, tetapi sekarang kita mungkin bisa mengatakan bahwa kita pernah melihat posisi terendah di pasar,” tambahnya.

Investor pun mengabaikan laporan ekonomi AS yang terkontraksi pada kuartal I/2020, kontraksi pertama sejak 2014. Seluruh kelompok industri dalam Stoxx 600 naik kecuali saham layanan kesehatan, sedangkan saham bank serta travel and leisure memimpin kenaikan.

Di antara indeks saham utama pendongkrak Stoxx pada Rabu adalah indeks FTSE 100 Inggris (+2,63 persen), indeks DAX Jerman (+2,89 persen), indeks CAC 40 Prancis (+2,22 persen), dan indeks FTSE MIB Italia (+2,21 persen).

Sementara itu, saham ams AG yang melonjak 24,39 persen membukukan kenaikan terbesar pada indeks Stoxx, disusul saham AIB Group PLC. (+20,45 persen) dan Carnival PLC. (+16,47 persen).

Sepanjang April ini indeks Stoxx 600 telah naik 8,4 persen, dengan seluruh 19 kelompok industri menguat. Meski demikian, indeks saham acuan untuk kawasan Eropa ini tetap turun 17 persen sepanjang tahun berjalan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bursa eropa indeks stoxx 600
Editor : Hafiyyan
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top