Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Raup Pendapatan Rp10,13 Triliun, Ini Jalan Tol yang Menjadi Mesin Uang Jasa Marga (JSMR)

Ruas Jakarta-Cikampek memberikan kontribusi pendapatan sebanyak Rp1,28 triliun. Sementara itu, ruas Gempol-Pasuruan mencetak pertumbuhan tertinggi di atas 200 persen.
Foto aerial kendaraan melintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek di Bekasi, Jawa Barat, Rabu (15/4/2020). Bisnis/Himawan L Nugraha
Foto aerial kendaraan melintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek di Bekasi, Jawa Barat, Rabu (15/4/2020). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk. mencatat kenaikan pendapatan dari pengoperasian jalan tol sebanyak Rp10,13 triliun per 31 Desember 2019. Pencapaian itu naik 12,11 persen dari Rp9,03 triliun pada 2018.

Pendapatan jalan tol perseroan disumbang oleh 13 cabang dan 13 anak usaha yang dikonsolidasikan dalam laporan keuangan Jasa Marga. Total pendapatan cabang mencapai Rp8,3 triliun sedangkan dari anak usaha sebanyak Rp1,82 triliun.

Di antara ruas yang beroperasi, cabang Jakarta-Cikampek menjadi ruas yang paling besar memberikan pendapatan bagi Jasa Marga.

Ruas Jakarta-Cikampek tercatat memberikan kontribusi pendapatan sebanyak Rp1,28 triliun. Jumlah tersebut meningkat 11,24 persen dibandingkan dengan posisi 2018.

Ruas Jakarta Outer Ring Road (JORR) non S juga tercatat memberikan pendapatan lebih dari Rp1 triliun. Ruas ini menyumbang Rp1,06 triliun, tumbuh 13,62 persen.

Ruas-ruas lain yang juga memberikan kontributor signifikan antara lain ruas Cikampek-Padalarang sebesar Rp972,32 miliar, ruas Cawang-Tomang-Pluit sebanyak Rp927,59 triliun, dan Jakarta-Bogor-Ciawi sejumlah Rp877,5 triliun.

Sementara itu, ruas yang dikelola anak usaha menunjukkan tren peningkatan pesat. Misalnya, ruas Gempol-Pasuruan, mencetak pertumbuhan pendapatan 232 persen menjadi Rp234,79 miliar. Pun dengan ruas Medan-Kualanamu dan Surabaya-Mojokerto yang mencatat peningkatan pertumbuhan pendapatan 58 persen dan 48 persen. Bahkan, ruas baru Pandaan-Malang langsung memberikan pendapatan Rp110,66 miliar.

Corporate Secretary Jasa Marga M. Agus Setiawan mengatkan sepanjang tahun lalu Jasa Marga mengoperasikan ruas baru sepanjang 161,58 kilometer. Walhasil secara kumulatif panjang jalan tol yang dikelola emiten bersandi saham JSMR itu mencapai 1.162 kilometer.

Agus menjabarkan, ada enam ruas tol baru yang dibuka oleh perseroan. Keenam ruas itu yakni Medan—Kualanamu—Tebing Tinggi Seksi VII, Pandaan—Malang Seksi I-IV (Pandaan - Pakis), Gempol—Pandaan Tahap II (Pandaan IC - Pandaan). Selanjutnya, Kunciran—Serpong, Jakarta—Cikampek II Elevated, dan Balikpapan—Samarinda Seksi II-IV (Samboja - Simpang Jembatan Mahkota 2).

“Pengoperasian ruas jalan tol baru yang telah beroperasi mulai 2016 hingga 2019 telah berkontribusi pada peningkatan pendapatan tol,” ujarnya melalui siaran pers, Kamis (30/4/2020).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rivki Maulana
Editor : Rivki Maulana
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper