Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bantu Tangani Pasien Covid-19, Ciputra Hospital Tambah Kapasitas Isolasi

Operasional ruang isolasi ini dikhususkan di dua rumah sakit milik Ciputra Group, yakni Ciputra Hospital CitraGarden City Jakarta Barat dan Ciputra Hospital CitraRaya Tangerang.
Fahmi Achmad
Fahmi Achmad - Bisnis.com 30 April 2020  |  17:53 WIB

Bisnis.com, JAKARTA, - Ciputra Group siap mengoperasikan ruang isolasi bertekanan negatif dengan total kapasitas 210 tempat tidur untuk menangani pasien Covid-19.

Operasional ruang isolasi ini dikhususkan di dua rumah sakit milik Ciputra Group, yakni Ciputra Hospital CitraGarden City Jakarta Barat dan Ciputra Hospital CitraRaya Tangerang.

Managing Director Ciputra Group Budiarsa Sastrawinata mengatakan dukungan ini dilakukan Ciputra Group sebagai bentuk Corporate Social Responsibility (CSR) kepada masyarakat dan dukungan pemerintah untuk mengimbangi ketersediaan kapasitas rumah sakit rujukan dalam melayani pasien Covid-19 yang jumlahnya semakin meningkat.

"Sebagai bentuk kepedulian, Ciputra Group telah mengambil langkah cepat untuk menambah fasilitas ruang isolasi serta alat medis di Ciputra Hospital CitraGarden City dan Ciputra Hospital CitraRaya yang siap beroperasi penuh pada 1 Mei 2020," kata Budiarsa dalam siaran pers, Kamis (30/4/2020).

Menurut Budiarsa, dengan kondisi global pandemic saat ini penyediaan layanan tambahan ruang isolasi rumah sakit merupakan bagian tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) Ciputra Group untuk membantu pemerintah dan masyarakat memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Indonesia.

Dia menambahkan manajemen PT Ciputra Residence bersama Ciputra Hospital telah membentuk tim percepatan penambahan ruang isolasi sebanyak 81 tempat tidur di Ciputra Hospital CitraGarden City sehingga total menjadi 123 tempat tidur.

Di Ciputra Hospital CitraRaya, tenda besar darurat untuk ruang isolasi ditambah kapasitasnya sebanyak 72 tempat tidur, sehingga total menjadi 87 tempat tidur.

Secara keseluruhan, kedua rumah sakit ini menyediakan 210 tempat tidur isolasi bertekanan negatif di area yang terpisah dari pasien umum lainnya.

“Ruang isolasi ini bertekanan negative, steril dan aman sehingga Ciputra Hospital terus menjalankan misinya dengan membantu merawat pasien yang membutuhkan perawatan,"

Dia menegaskan pasien Covid-19 dan pasien umum dipisah secara gedung untuk menjamin tidak terjadinya penularan.

Ruang isolasi tambahan ini, sambung Budiarsa, secara bertahap sudah beroperasi 42 tempat tidur di Ciputra Hospital CitraGarden City dan 15 tidur di Ciputra Hospital CitraRaya untuk menangani pasien Covid-19.

"Seluruh 210 bed siap dioperasikan penuh pada 1 Mei mendatang."

Dia menambahkan kedua Ciputra Hospital tersebut telah ditunjuk Dinas Kesehatan Propinsi sebagai RS Jejaring Pelayanan Covid-19 untuk wilayah Provinsi DKI Jakarta dan Provinsi Banten.

Sebagai salah satu RS jejaring, Ciputra Hospital memiliki standar fasiltas yang sesuai dengan petunjuk teknis sarana, prasarana dan bangunan untuk manajemen pasien Covid-19.

Untuk biaya perawatan, kata Budiarsa, sebelumnya pasien membayar ke Ciputra Hospital dengan jaminan asuransi maupun pribadi.

Namun, dengan dikeluarkannya Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/Menkes/238/2020 Tentang Petunjuk Teknis Klaim Penggantian Biaya Perawatan Pasien Covid-19, Ciputra Hospital berkoordinasi dengan Kemenkes dan pihak terkait termasuk BPJS Kesehatan agar pasien tidak perlu membayar sejak awal dirawat.

"Jadi pasien Covid-19 yang dirawat di Ciputra Hospital tidak dikenakan biaya dan langsung ditangani dahulu," ujarnya.

Direktur Ciputra Hospital CitraGarden City Irwan S. Hermawan mengatakan Ciputra Hospital terus memasok ketersediaan obat, alat Kesehatan, alat pelindung diri, bahan medis habis pakai, kecukupan dan kemampuan sumber daya manusia (SDM), serta standar operasional prosedur (SOP) untuk menyelenggarakan pelayanan dengan memperhatikan kompetensi dalam merawat pasien sesuai tingkat keparahannya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ciputra group Virus Corona
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top