Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Harga Timah Turun, PT Timah (TINS) Kurangi Produksi

Penurunan produksi bulanan berkisar 20 persen s.d 30 persen.
Pandu Gumilar
Pandu Gumilar - Bisnis.com 18 Maret 2020  |  12:21 WIB
Jajaran Komisaris dan Direksi baru PT Timah Tbk. setelah Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada Senin (10/2/2020) di Jakarta. - Bisnis / Finna U. Ulfah
Jajaran Komisaris dan Direksi baru PT Timah Tbk. setelah Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada Senin (10/2/2020) di Jakarta. - Bisnis / Finna U. Ulfah

Bisnis.com, JAKARTA — Emiten plat merah PT Timah Tbk. mengurangi produksi bulanan berkisar 20 persen hingga 30 persen sejalan dengan penurunan harga timah. Harga anjlok karena permintaan juga melandai diterpa dampak penyebaran virus corona (covid-19).

Direktur Utama Timah Riza Pahlevi mengatakan harga jual timah sudah terkena dampak langsung dari penyebaran virus corona. Hal ini tercermin dari harga timah yang terus merosot.

Penyebaran virus corona, menurut Riza telah membuat aktivitas produksi barang elektronik sementara terhenti. Produk elektronik seperti telepon selular membutuhkan komponen timah dalam proses produksinya.

Emiten berkode saham TINS itu juga masih menunggu perkembangan pasar untuk mengakselerasi penjualan terutama pasar ekspor. Pihaknya, juga belum dapat memprediksikan kapan permintaan akan pulih di tengah situasi global yang sedang tak menentu saat ini.

"Informasi memang industri dunia khususnya berproduksi di China sudah mulai berjalan namun dilakukan secara bertahap, kita masih menunggu dulu. Sehingga kita menahan ekspor dan mengurangi produksi," katanya melalui siaran pers, Rabu (18/3/2020).

Dia berharap, harga timah akan segera pulih sehingga produksi dan penjualan perseroan bisa kembali berjalan normal. Berdasarkan data Bloomberg, harga timah di Bursa London tercatat US$14.250 per metrik ton, turun 17 persen dalam periode tahun berjalan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

rekomendasi saham Kinerja Emiten timah
Editor : Rivki Maulana
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top