Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jasa Marga (JSMR) Rencanakan IPO Tol Trans Jawa

Rencana IPO Tol Trans Jawa paling cepat baru akan dimulai pada tahun depan karena PT Jasa Marga (Persero) Tbk. selaku induk ingin memastikan valuasi perusahaan tersebut optimal sebelum IPO.
Ilman A. Sudarwan
Ilman A. Sudarwan - Bisnis.com 06 Februari 2020  |  05:19 WIB
Pemudik melintas di jalur Tol Trans Jawa, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Minggu (2/6/2019). - ANTARA/Harviyan Perdana Putra
Pemudik melintas di jalur Tol Trans Jawa, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Minggu (2/6/2019). - ANTARA/Harviyan Perdana Putra

Bisnis.com, JAKARTA – PT Jasa Marga (Persero) Tbk. akan memulai proses persiapan initial public offering (IPO) anak usahanya yang mengelola Jalan Tol Trans Jawa pada tahun depan.

Direktur Keuangan Jasa Marga Donny Arsal mengatakan bahwa rencana ini paling cepat baru akan dimulai pada tahun depan karena perseroan ingin memastikan valuasi perusahaan tersebut optimal sebelum IPO.

“Kami mau IPO kalau valuasinya optimum, nah itu bisa terjadi kalau revenue-nya sudah steady, kalau revenue-nya steady, kalau kami confident ke depannya stabil, baru kami aiming untuk IPO, jadi lihat dulu situasi. Jadi paling cepat kita start prosesnya tahun depan,” katanya di Jakarta, Rabu (5/2/2020).

Proses ini akan dimulai terlebih dahulu dengan melakukan pemisahan anak usaha atau spinoff sebelum melakukan restrukturisasi perusahaan untuk persiapan IPO.

Donny menuturkan belum dapat memastikan berapa valuasi perusahaan yang akan IPO tersebut. Menurutnya, anak usaha itu diperkirakan memiliki valuasi besar seiring dengan cerahnya prospek penerimaan perusahaan itu di masa mendatang.

“Trans Jawa doang, subholding-nya Trans Jawa Toll Road. Mulai prosesnya, spin off dulu, restructuring dulu corporate-nya itu 2021, termasuk business plan dan sebagainya. Kita belum tahu valuasinya, kalau semuanya di-running tahun depan, berarti 2021 akhir sudah bisa IPO, 2021 atau 2022 lah,” jelasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ipo jasa marga
Editor : Hafiyyan
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top