Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Saham Santander Dorong Penguatan Indeks Stoxx

Saham Banco Santander dan Safran mendorong bursa saham Eropa ke zona hijau pada perdagangan Rabu (29/1/2020), bahkan ketika investor menimbang dampak potensial dari virus corona (coronavirus) yang menyebar cepat terhadap perekonomian.
Indeks Bursa Eropa/Reuters
Indeks Bursa Eropa/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Saham Banco Santander dan Safran mendorong bursa saham Eropa ke zona hijau pada perdagangan Rabu (29/1/2020), bahkan ketika investor menimbang dampak potensial dari virus corona (coronavirus) yang menyebar cepat terhadap perekonomian.

Indeks IBEX Spanyol memimpin bursa regional, terangkat oleh kenaikan 4,4 persen saham Santander setelah bank tersebut membukukan laba bersih kuartal IV/2019 yang lebih tinggi dari perkiraan, didorong oleh kinerja dasar yang kuat di pasar utamanya di Brasil.

Pemasok komponen Boeing, Safran, juga menjadi pendorong utama indeks, mengekor saham Boeing yang naik meskipun mencatat kerugian tahunan yang mengejutkan dengan para analis mengatakan banyak berita buruk telah diperkirakan.

Indeks Stoxx Europe 600 ditutup menguat 0,44 persen ke level 419,41. Sentimen investor masih cenderung stabil di tengah kekhawatiran atas tekanan ekonomi dari coronavirus yang berasal dari China tersebut.

Virus ini mengakibatkan korban jiwa hingga 133 orag dan telah menginfeksi lebih dari 5.000 orang di China, mendorong ekonom pemerintah China untuk memperingatkan bahwa pertumbuhan ekonomi negara itu dapat turun hingga 5 persen atau bahkan lebih rendah.

"Ada ketegangan antara apa yang ingin dilakukan oleh para investor, yang ingin terus menuangkan modal ke dalam ekuitas, tetapi masih ada masalah global besar ini yang terus memaksa investor untuk mempertanyakan dan membenarkan rebound ketika tidak ada alasan untuk melakukannya," kata Connor Campbell, analis di Spreadex, seperti dikutip Reuters.

Indeks DAX Jerman tertinggal dibandingkan indeks regional lainnya setelah ditutup naik 0,2 persen, membalikkan pelemahan di awal perdagangan.

Menteri ekonomi Jerman menaikkan prospek pertumbuhan ekonomi negara, tetapi memangkas ekspektasi untu tahun 2021.

Perhatian investor sekarang beralih ke pertemuan bank sentral dari seluruh dunia. Federal Reserve AS hampir pasti akan mempertahankan suku bunga pada akhir pertemuan kebijakan dua hari yang berakhir Rabu malam waktu setempat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper