Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Saham Santander Dorong Penguatan Indeks Stoxx

Saham Banco Santander dan Safran mendorong bursa saham Eropa ke zona hijau pada perdagangan Rabu (29/1/2020), bahkan ketika investor menimbang dampak potensial dari virus corona (coronavirus) yang menyebar cepat terhadap perekonomian.
Aprianto Cahyo Nugroho
Aprianto Cahyo Nugroho - Bisnis.com 30 Januari 2020  |  04:49 WIB
Indeks Bursa Eropa - Reuters
Indeks Bursa Eropa - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Saham Banco Santander dan Safran mendorong bursa saham Eropa ke zona hijau pada perdagangan Rabu (29/1/2020), bahkan ketika investor menimbang dampak potensial dari virus corona (coronavirus) yang menyebar cepat terhadap perekonomian.

Indeks IBEX Spanyol memimpin bursa regional, terangkat oleh kenaikan 4,4 persen saham Santander setelah bank tersebut membukukan laba bersih kuartal IV/2019 yang lebih tinggi dari perkiraan, didorong oleh kinerja dasar yang kuat di pasar utamanya di Brasil.

Pemasok komponen Boeing, Safran, juga menjadi pendorong utama indeks, mengekor saham Boeing yang naik meskipun mencatat kerugian tahunan yang mengejutkan dengan para analis mengatakan banyak berita buruk telah diperkirakan.

Indeks Stoxx Europe 600 ditutup menguat 0,44 persen ke level 419,41. Sentimen investor masih cenderung stabil di tengah kekhawatiran atas tekanan ekonomi dari coronavirus yang berasal dari China tersebut.

Virus ini mengakibatkan korban jiwa hingga 133 orag dan telah menginfeksi lebih dari 5.000 orang di China, mendorong ekonom pemerintah China untuk memperingatkan bahwa pertumbuhan ekonomi negara itu dapat turun hingga 5 persen atau bahkan lebih rendah.

"Ada ketegangan antara apa yang ingin dilakukan oleh para investor, yang ingin terus menuangkan modal ke dalam ekuitas, tetapi masih ada masalah global besar ini yang terus memaksa investor untuk mempertanyakan dan membenarkan rebound ketika tidak ada alasan untuk melakukannya," kata Connor Campbell, analis di Spreadex, seperti dikutip Reuters.

Baca Juga : Harga Emas Hari Ini

Indeks DAX Jerman tertinggal dibandingkan indeks regional lainnya setelah ditutup naik 0,2 persen, membalikkan pelemahan di awal perdagangan.

Menteri ekonomi Jerman menaikkan prospek pertumbuhan ekonomi negara, tetapi memangkas ekspektasi untu tahun 2021.

Perhatian investor sekarang beralih ke pertemuan bank sentral dari seluruh dunia. Federal Reserve AS hampir pasti akan mempertahankan suku bunga pada akhir pertemuan kebijakan dua hari yang berakhir Rabu malam waktu setempat.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bursa eropa
Editor : M. Taufikul Basari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top