Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Impor Sawit India Amblas, Ini Nih Penyebabnya

Solven Extractors Association (SEA) dalam keterangan tertulsinya seperti dikutip dari Reuters, Senin (16/12/2019), menyatakan, impor sawit New Delhi pada November mencapai 671.863 ton turun sekitar 3% dari November tahun lalu. Hasil itu juga menjadi yang terendah sejak Juli 2018.
Dika Irawan
Dika Irawan - Bisnis.com 17 Desember 2019  |  08:20 WIB
Pekerja Indonesia Abdul Rahim Gani membawa buah kelapa sawit di Felda Bukit Cerakah di kabupaten Klang di luar Kuala Lumpur, 16 April 2014. -  REUTERS / Samsul Said
Pekerja Indonesia Abdul Rahim Gani membawa buah kelapa sawit di Felda Bukit Cerakah di kabupaten Klang di luar Kuala Lumpur, 16 April 2014. - REUTERS / Samsul Said

Bisnis.com, JAKARTA – Impor minyak kelapa sawit India jatuh 3 persen pada November dari tahun sebelumnya ke level terendah 17 bulan, karena pengolah mengurangi pembelian dari Malaysia. Mereka khawatir atas kenaikan pajak impor.

Solven Extractors Association (SEA) dalam keterangan tertulsinya seperti dikutip dari Reuters, Senin (16/12/2019), menyatakan, impor sawit New Delhi pada November mencapai 671.863 ton turun sekitar 3 persen dari November tahun lalu. Hasil itu juga menjadi yang terendah sejak Juli 2018.

Sementara itu, India telah mengimpor sebanyak 778.568 ton sawit pada Oktober 2019.

India, importir minyak nabati terbesar di dunia, membeli minyak kelapa sawit terutama dari Indonesia dan Malaysia. Impor minyak kedelai dari Argentina dan Brazil dan minyak bunga matahari dari Ukraina dan Rusia.

Perusahaan penyulingan India hampir menghentikan pembelian minyak kelapa sawit untuk pengiriman November dari Malaysia pada Oktober, khawatir New Delhi dapat menaikkan pajak impor atau memberlakukan tindakan lain untuk mengekang impor setelah Kuala Lumpur mengkritik New Delhi atas tindakannya di Kashmir.

New Delhi terutama mengimpor minyak sawit olahan dari Malaysia dan minyak sawit mentah dari Indonesia.

Baca Juga : Harga Emas Hari Ini

“Impor minyak kedelai India pada November turun 19 persen dari tahun lalu menjadi 164.750 ton, sementara impor minyak bunga matahari melonjak 59 persen menjadi 263.311 ton,” kata SEA.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cpo india harga cpo
Editor : M. Taufikul Basari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top