Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Anak Usaha BUMI dan Pemda Kutai Timur Resmikan Instalasi Pengolahan Air Kudungga

Proyek IPA yang memiliki kapasitas 100 liter per detik itu merupakan kolaborasi antara KPC dengan pemerintah Kabupaten Kutai Timur dengan dana APBD sebesar Rp45 miliar.

Bisnis.com, JAKARTA - Anak usaha PT Bumi Resources Tbk., PT Kaltim Prima Coal dan pemerintah Kabupaten Kutai Timur mulai mengoperasikan fasilitas water treatament plant (WTP) atau instalasi pengolahan air (IPA) Kudungga.

Proyek IPA yang memiliki kapasitas 100 liter per detik itu merupakan kolaborasi antara KPC dengan pemerintah Kabupaten Kutai Timur dengan dana APBD sebesar Rp45 miliar. Fasilitas air bersih itu diestimasi dapat melayani kebutuhan air bersih 8.000 kepala keluarga di Kecamatan Sangatta Utara dan Sangatta Selatan.

Dalam proyek ini, pemerintah Kabupaten Kutai Timur melakukan pembangunan fisik IPA melalui Dinas Pekerjaan Umum. Sementara itu, airnya disediakan oleh KPC dari areal hutan di sekitar Pit Jupiter berkapasitas 12 juta meter kubik. Dukungan air baku dari area tambang KPC tersebut telah menambah pelayanan PDAM Kutai Timur hingga 80% kebutuhan air.

Direktur Utama Bumi Resources dan KPC Saptari Hoedaja, menyatakan partisipasi perseroan dalam proyek itu merupakan dukungan terhadap masyarakat. Selain itu, Grup Bumi juga dapat memanfaatkan air bekas tambang dan memasok air bersih ke masyarakat.

"Kami berharap fasilitas ini akan dipandang sebagai model yang dapat menjadi contoh dalam memenuhi kebutuhan air bersih yang sangat dibutuhkan di wilayah ini," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ana Noviani
Editor : Ana Noviani
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper