Mampukah IHSG Menembus Level 6.129?

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan masih akan melemah pada Kamis (5/12/2019) karena belum adanya sentimen positif untuk menopang lajunya.
Pandu Gumilar
Pandu Gumilar - Bisnis.com 04 Desember 2019  |  19:21 WIB
Mampukah IHSG Menembus Level 6.129?
Penumpang bus Transjkarta melintasi layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di jalan Jenderal Sudirman Jakarta, Rabu (27/11/2019). - ANTARA/Wahyu Putro A.

Bisnis.com, JAKARTA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan masih akan melemah pada Kamis (5/12/2019) karena belum adanya sentimen positif untuk menopang lajunya.

Analis Artha Sekuritas Dennies Christopher mengatakan bahwa pada hari sebelumnya pun IHSG ditutup melemah pada level 6.112. Pelemahan terjadi didorong oleh sektor konsumer yang terkoreksi 1,27% dan sektor perdagangan 0,59%. Menurutnya, IHSG melemah setelah tertahan di resistance moving average.

“Pelemahan didorong oleh kembali memanasnya tensi dari sentimen global terkait kelanjutan perang dagang,” sebutnya Rabu (4/12/2019).

Sementara itu, untuk perdagangan hari ini, Dennies pun memperkirakan IHSG masih akan menunjukkan tren pelemahan. Pasalnya, candlestick membentuk doji tertahan di sekitar resistance moving average mengindikasikan rentang penguatan sudah terbatas.

“Selain itu ada potensi mengalami koreksi dalam jangka pendek. Pergerakan masih akan dipengaruhi oleh sentimen global,” katanya.

Adapun level support pertama ada di level 6.079 dengan support kedua 6.096. Sementara itu, level resistance terdekat di kisaran 6.129 dan level resistance kedua 6.145.

Dennies merekomendasikan beberapa saham yang menarik untuk dicermati. Misalnya, CTRA yang mengalami koreksi dan tertahan di area support. Dia menargetkan harga berkisar di Rp1.100 – Rp1.120.

Selain itu, ada TLKM karena indikator stochastic membentuk goldencross mengindikasikan potensi penguatan. Target harga untuk saham pelat merah itu Rp4.050—Rp4.100.

Sementara itu, Direktur Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya mengatakan IHSG sedang menunjukkan pola konsolidasi.

“Pergerakan IHSG saat ini sedang menunjukkan pola gerak konsolidasi wajar, sedangkan momentum koreksi wajar masih dapat terus dimanfaatkan oleh investor untuk melakukan pembelian,” katanya.

Menurut William mengingat pola uptrend jangka panjang masih terlihat dalam pergerakan IHSG, hari ini maka IHSG berpotensi menguat.

Dia memerkirakan, IHSG akan bergerak di level 5.989 sampai dengan 6.189. Adapun saham-saham yang menarik untuk dicermati diantaranya ialah BBCA, ASII, PWON, TLKM, ICBP, GGRM, TBIG, dan juga WTON.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
IHSG

Editor : Hendri Tri Widi Asworo
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top