Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Negara-Negara Afrika Berebut Jasa Wijaya Karya (WIKA)

Ada beberapa negara di Afrika yang kini tengah dalam proses negosiasi proyek konstruksi dengan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk., antara lain Zanzibar, Madagaskar, Senegal, Rwanda, dan Pantai Gading.
/Ilustrasi
/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA— PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. mengklaim mendapatkan banyak tawaran pekerjaan konstruksi dari negara-negara di benua Afrika.

Mahendra Vijaya, Corporate Secretary Wijaya Karya mengungkapkan perseroan mendapatkan banyak tawaran pekerjaan dari negara-negara di Afrika. Kendati demikian, emiten berkode saham WIKA itu tidak dapat menerima semua proyek.

Dia menuturkan harus melakukan kajian mendalam untuk proyek luar negeri yang diambil. Hal itu khususnya menyangkut faktor risiko dan keamanan.

Mahendra menuturkan ada beberapa negara di Afrika yang kini tengah dalam proses negosiasi.

“Calonnya banyak, ada Zanzibar, Madagaskar, Senegal, Rwanda, dan Pantai Gading,” ujarnya di Jakarta, Rabu (7/8/2019).

Pihaknya mengungkapkan beberapa proyek yang disasar antara lain infrastruktur, seperti jalan dan pelabuhan, apartemen, serta gedung bank sentral. Potensi total nilai kontrak yang dapat dikantongi perseroan mencapai Rp2 triliun.

Sebelumnya, Direktur Operasi III Wijaya Karya Destiawan Soewardjono menuturkan perseroan telah merealisasikan kontrak baru dari luar negeri Rp827 miliar pada Januari 2019—Juni 2019. Nilai tersebut didapatkan kontraktor pelat merah itu dari sejumlah negara.

Destiawan mengungkapkan masih membidik sejumlah proyek di luar negeri pada semester II/2019. Sebagai gambaran, WIKA mengincar proyek jembatan di Serawak, Malaysia, dengan nilai sekitar Rp900 miliar.

Bahkan, perseroan juga tengah mengincar salah satu proyek perumahan di Pantai Gading. Nilai kontrak yang diincar perseroan dari negara itu sekitar Rp900 miliar.

Saat ini, lanjutnya, WIKA dan Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) tengah melakukan negoisasi terkait nilai proyek, tata cara, dan terms pembayaran untuk proyek di Pantai Gading.

“Jadi kalau target semester II/2019 tercapai semua jadi Rp4 triliun sehingga capaian kontrak baru dari luar negeri menjadi Rp4,8 triliun tahun ini,” paparnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Ana Noviani
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper