Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Selamat Sempurna (SMSM) Optimistis Laba Tahun Ini Akan Meningkat

Emiten komponen otomotif, PT Selamat Sempurna Tbk. optimistis dengan kondisi penguatan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) tak akan memengaruhi laba perseroan pada tahun ini.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 19 Maret 2019  |  17:30 WIB
Filter Sakura produk Selamat Sempurna - smsm.co.id
Filter Sakura produk Selamat Sempurna - smsm.co.id

Bisnis.com, JAKARTA — Emiten komponen otomotif, PT Selamat Sempurna Tbk. optimistis dengan kondisi penguatan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) tak akan memengaruhi laba perseroan pada tahun ini.

Berdasarkan data Bloomberg, pergerakan nilai tukar rupiah di pasar spot menguat 9 poin atau 0,06% menuju level Rp14.230 per dolar AS menjelang akhir perdagangan pada pukul 15.34 WIB.

Sekretaris Perusahaan Selamat Sempurna Lidiana Widjojo mengatakan bahwa perseroan pernah menghadapi masa saat di mana rupiah menguat lebih tinggi terhadap dolar AS. Menurutnya, pada saat itu perseroan masih mampu mengantongi laba yang baik.

Nilai kurs menjadi salah satu faktor terhadap laba perusahaan yang bergerak dalam bisnis penjualan suku cadang mobil tersebut. Pasalnya, emiten berkode saham SMSM tersebut lebih banyak melakukan perdagangan pada pasar ekspor.

“Bagi kami, kami juga pernah menghadapi saat rupiah menguat sampai Rp9.000, itu kita melihat masih profit. Jadi sampai saat ini belum ada yang membuat pertumbuhan sampai negatif, karena kan kita pernah mengalami di tahun 2009 dan 2010 perusahaan tetap tumbuh dan tetap profit,” ujarnya kepada Bisnis.com, Selasa (19/3/2019).

Sekadar informasi, SMSM telah menjual suku cadang penyaring dan radiator mobil di lebih dari 100 negara di dunia, di antaranya adalah Amerika Serikat, Australia, Jepang, dan China.

Porsi penjualan suku cadang di pangsa ekspor SMSM sebesar 70% dari penjualan yang dilakukan perseroan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kinerja emiten selamat sempurna
Editor : Riendy Astria
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top