KINERJA 2018: Laba Bersih Elnusa (ELSA) Tumbuh 11,74%

PT Elnusa Tbk. mencatatkan pertumbuhan laba bersih 11,74% secara tahunan pada 2018 lewat sejumlah strategi yang telah diimplementasikan perseroan.
M. Nurhadi Pratomo
M. Nurhadi Pratomo - Bisnis.com 19 Februari 2019  |  13:15 WIB

Bisnis.com, JAKARTA — PT Elnusa Tbk. mencatatkan pertumbuhan laba bersih 11,74% secara tahunan pada 2018 lewat sejumlah strategi yang telah diimplementasikan perseroan.

Melalui siaran pers, Selasa (19/2/2019), Elnusa melaporkan pendapatan usaha Rp6,6 triliun pada 2018. Realisasi tersebut naik 34,69% dari Rp4,9 triliun pada 2017.

Sementara itu, laba bersih yang dikantongi emiten bersandi ELSA itu tercatat mengalami pertumbuhan 11,74% secara tahunan. Jumlah yang dibukukan naik dari Rp247 miliar pada 2017 menjadi Rp276 miliar.

Direktur Utama Elnusa Tolingul Anwar mengklaim strategi menggenjot jasa hulu migas berbasis non aset serta distribusi dan logistik energi mengerek pendapatan usaha perseroan. Dari situ, perseroan mampu mengamankan pertumbuhan sekitar 33% secara tahunan pada 2018.

Tolingul mengatakan peningkatan kinerja jasa hulu migas berbasis non aset dilakukan dengan memenangkan peluang-peluang bisnis engineering, procurement, construction – operation dan maintenance (EPC-OM) dengan kontrak bersifat multiyears

Selanjutnya, peningkatan volume throughput terjadi di jasa distribusi dan logistik energi melalui unit usaha seperti jasa transportasi BBM, perdagangan BBM industri marine maupun manajemen depo.

“Secara komposisi pendapatan, jasa hulu migas memberikan kontribusi sebesar 40% dan jasa distribusi logistik energi sebesar 56%, sedangkan sisanya sebesar 4% disumbangkan oleh jasa penunjang. Kami meyakini bahwa hasil ini tergolong wajar ditengah kondisi industri migas saat ini karena mulai membaiknya harga minyak tidak serta merta menaikkan harga jasa hulu migas,” ujarnya, Selasa (19/2/2019).

Dia optimistis kinerja ELSA akan lebih baik lagi pada tahun mendatang. Hal ini ditopang dengan perolehan kontrak multiyears yang telah diterima di bisnis non aset, jasa distribusi dan logistik energi, serta nilai tambah total solution services yang diberikan untuk jasa klien.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
elnusa, kinerja emiten

Editor : Riendy Astria

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top