Samuel Sekuritas: Data PDB Topang IHSG

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan menguat pada hari ini seiring dengan dorongan positifnya rilis data Produk Domestik Bruto (PDB) kuartal IV/2018.
Hafiyyan | 06 Februari 2019 09:14 WIB
Karyawan memantau pergerakan Indeks harga saham gabungan (IHSG) di salah satu perusahaan manajer investasi, di Jakarta, Selasa (8/1/2019). - Bisnis/Endang Muchtar

Bisnis.com, JAKARTA—Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan menguat pada hari ini seiring dengan dorongan positifnya rilis data Produk Domestik Bruto (PDB) kuartal IV/2018.

Dalam risetnya, tim analis Samuel Sekuritas Indonesia (SSI) menuliskan, indeks saham AS semalam ditutup menguat, didukung faktor positif dari musim laporan keuangan serta pidato Presiden AS.

Topik yang ditunggu oleh para pelaku pasar adalah penyelesaian konflik AS dan China. Para pelaku pasar optimis dengan keinginan Presiden Trump untuk mencapai kesepakatan antar kedua pihak.

Selain itu, pidato juga akan diperkirakan berisi tentang masalah pembangunan tembok perbatasan dengan Meksiko, yang menjadi indikasi apakah penutupan pemerintahan AS akan kembali berlangsung atau tidak.

Dari bursa Eropa dan Asia, semua kompak mengalami penguatan mengiringi bursa saham AS. Selain mendapat sentimen positif menjelang pidato Trump, pasar saham juga didorong oleh kuatnya rilis laporan keuangan emiten ditengah rilis data penjualan ritel Eropa yang turun 1.6% mom pada bulan Desember.

IHSG diperkirakan akan menguat mengikuti pergerakan bursa saham global serta pergerakan EIDO yang positif. Pasar juga menanti data pertumbuhan ekonomi dimana secara konsensus GDP 4Q18 Indonesia diperkirakan akan tumbuh 5,12% yoy dan -1,76% qoq.

Tag : IHSG
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top