Punya Modal Rp10 Juta, Lebih Baik Investasi Sukuk Tabungan atau Buka Usaha?

Pemerintah meluncurkan Sukuk Tabungan seri ST-003 pada Jumat (01/02). Imbal hasil instrumen itu sebesar 8,15% per tahun. Dengan keuntungan itu, Lebih baik investasi Sukuk Tabungan atau Buka Usaha?
Oliv Grenisia & Surya Rianto | 01 Februari 2019 17:33 WIB
Dirjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan Lucky Alfirman (Kanan) berbincang dengan Direktur Pembiayaan Syariah DJPPR Dwi Irianti Hadiningdyah (kiri) saat meluncurkan Sukuk Tabungan ST-003 di Jakarta, Jumat (1/2/2019). - ANTARA/Dhemas Reviyanto

Bisnis.com, JAKARTA – Sukuk tabungan seri ST-003 diluncurkan pemerintah pada Jumat (1/2/2019). Imbal hasil minimal 8,15% per tahun disebut menjadi daya tarik instrumen ini, tetapi apakah imbal hasil itu benar-benar menarik?

Jika dibandingkan dengan rata-rata bunga deposito perbankan saat ini, imbal hasil sukuk tabungan itu memang menarik.

Menurut data Otoritas Jasa Keuangan, rata-rata bunga deposito bank saat ini berkisar 6,6% sampai 6,76%.

Apalagi, pajak imbal hasil sukuk tabungan hanya sebesar 15%, lebih rendah ketimbang deposito sebesar 20%.

Lalu, masyarakat bisa berinvestasi sukuk tabungan mulai dari Rp1 juta sampai Rp3 miliar. Adapun, deposito di beberapa bank besar mensyaratkan minimal uang sekitar Rp8 juta.

Namun, masyarakat jangan berharap imbal hasil 8,15% itu bisa memberikan pendapatan yang besar sekali setiap bulannya. Apalagi, jika nilai uang yang diinvestasikan nilai minimal Rp1 juta.

Jika dibuat perhitungan, imbal hasil bersih termasuk pajak dari investasi sukuk tabungan seri ST-003 senilai Rp1 juta adalah Rp5.773 per bulan atau Rp69.276 per tahun. Berarti, selama dua tahun menyimpan uang di sukuk, imbal hasilnya senilai Rp138.552.

Nilai keuntungannya memang tidak terlalu signifikan jika investasi dalam nilai kecil, hal itu wajar karena instrumen sukuk tabungan memiliki risiko rendah. Jangan lupakan pepatah high risk high return, kalau investasi pada instrumen risiko rendah jangan berharap keuntungan yang tinggi.

Lebih Baik Investasi Sukuk Tabungan atau Buka Usaha?

Tadi, Bisnis membuat simulasi perhitungan keuntungan yang diperoleh dari Sukuk Tabungan jika memiliki uang Rp1 juta. Nah, kalau kamu memiliki uang Rp10 juta, berapa keuntungan yang akan diperoleh lewat instrumen sukuk tabungan?

Secara untung bersih, kamu akan mendapatkan keuntungan senilai Rp57.730 per bulan. Artinya, kamu mendapatkan keuntungan Rp692.760 per tahun atau Rp1.385.520 sampai tenor sukuknya selesai.

Nah, berapa keuntungan yang didapatkan kalau uang Rp10 juta itu digunakan untuk bisnis? Apakah cuannya bisa melebihi imbal hasil Sukuk Tabungan?.

Akun instagram @Bisniscom memiliki rubrik #tipsbisnisinvestasibisniscom yang membahas prospek sebuah instrumen investasi dan bisnis.

Ada beberapa bisnis yang bisa dijalankan dengan modal Rp10 juta atau lebih rendah dari itu. Beberapa bisnis itu antara lain, jasa sewa mainan bayi dan anak, agen PPOB, dan dropship.

Berikut potensi keuntungan yang bisa diperoleh dari bisnis dengan modal Rp10 juta. Kalian bisa klik halaman selanjutnya.

Tag : obligasi ritel indonesia
Editor : Surya Rianto

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top