Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PREDIKSI IHSG JUMAT (1/2/2019): Indeks Diwarnai Aksi Profit Taking

Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada perdagangan Jumat (1/2/2019) diprediksi diwarnai aksi profit taking para pelaku pasar.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 31 Januari 2019  |  19:51 WIB
Karyawan melintas di dekat papan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Jakarta, Rabu (23/1/2019). - Bisnis/Felix Jody Kinarwan
Karyawan melintas di dekat papan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Jakarta, Rabu (23/1/2019). - Bisnis/Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, JAKARTA — Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada perdagangan Jumat (1/2/2019) diprediksi diwarnai aksi profit taking para pelaku pasar.

Pada perdagangan Kamis (31/1/2019), IHSG ditutup menguat 68,78 poin ke level 6.532,97 atau 1,06%. Saham-saham sektor perbankan dan infrastuktur memimpin penguatan IHSG. 

Investor asing tercatat net buy pada pasar reguler sebesar Rp1, 48 triliun. Semengtara itu, di pasar negosiasi tercatat net sell Rp13,03 triliun seiring dengan terjadinya crossing saham SMCB milik asing yang dibeli oleh SMGR dalam proses akuisisi.

Analis Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi mengatakan bahwa penguatan IHSG pada Januari 2019 sebesar 5,46% merupakan penguatan perdanganan Januari terbesar sejak 2007 di mana penguatan terbesar pada Januari terakhir terlihat pada tahun 2006 sebesar 5,99%.

Dia menjelaskan secara teknikal IHSG melompat setelah break out resistance 6.500. Pergerakan tersebut cenderung mengkhawatirkan, melihat pergerakan gap up yang terbuka dan rawan akan tertutup jika kembali bergerak melemah di bawah 6500.

“Indikator stochastic dan RSI terkonsolidasi pada tren pergerak bearish sehingga kami perkirakan IHSG akan bergerak mulai tertahan diwarnai aksi profit taking di awal bulan Februari dengan support resistance 6.445–6.544,”

Adapun saham-saham yang direkomendasikan oleh Reliance Sekuritas Indonesia untuk dapat dicermati di antaranya adalah HMSP, BBRI, BBTN, BMRI, BNGA, TLKM, ADRO, INCO, WSKT, ADHI.

Sementara itu, analis PT Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya memprediksi bahwa perdagangan akan meneruskan laju penguatan dengan support ressistance 6.318 - 6.542.

Penguatan tersebut diprediksi dengan beberapa sentimen positif pada pergantian bulan dan sentimen dari rilis data perekonomian inflasi dan data kedatangan turis yang disinyalir akan terkendali, serta dalam peluang adanya peningkatan.

“Serta masih terus berlangsungnya capital inflow secara ytd [year-to-date] yang dapat mendongkrak kenaikan IHSG hingga beberapa mendatang, IHSG berpotensi menguat pada Jumat [1/2/2019],” katanya.

Adapun saham yang direkomendikasikan Indosurya Bersinar Sekuritas untuk dapat dicermati adalah HMSP, ASRI, BJTM, UNVR, GGRM, ICBP, WIKA, WTON, MYOR.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

IHSG Indeks BEI
Editor : Riendy Astria

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top