Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sentimen Perundingan AS-China Membaik, Indeks Topix Ditutup Menguat

Bursa saham Jepang ditutup menguat pada perdagangan Rabu (9/1/2019) karena sentimen investor terhadap perdagangan AS-China membaik setelah kedua negara sepakat untuk memperpanjang pertemuan di Beijing hingga hari ini.
Bursa Jepang/Reuters
Bursa Jepang/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Bursa saham Jepang ditutup menguat pada perdagangan Rabu (9/1/2019) karena sentimen investor terhadap perdagangan AS-China membaik setelah kedua negara sepakat untuk memperpanjang pertemuan di Beijing hingga hari ini.

Berdasarkan data Bloomberg, indeks Topix ditutup menguat 1,1% atau 16,68 poin ke level 1.535,11, sedangkan indeks Nikkei 225 juga ditutup naik 1,1% atau 223,02 poin ke level 20.427.

Bursa Jepang memperpanjang reli hingga tiga hari berturut-turut, reli terpanjang sejak kenaikan tujuh hari yang berakhir 3 Desember 2018. Perusahaan farmasi dan produsen elektronik mendorong indeks Topix, sementara saham real estat melemah.

Steven Winberg, seorang pejabat Departemen Energi, mengatakan kepada wartawan bahwa diskusi dalam dua hari terakhir berjalan dengan baik dan mengkonfirmasi perpanjangan diskusi pada Selasa (8/1/2019).

Komentar Steven tersebut menggemakan optimisme menyusul kicauan Presiden Donald Trump Selasa di akun Twitter-nya bahwa pembicaraan sedang berlangsung.

Trump semakin bersemangat untuk segera mencapai kesepakatan dengan China dalam upaya untuk meningkatkan pasar keuangan yang telah merosot di tengah kekhawatiran perang perdagangan, ungkap seorang sumber yang mengetahui pertimbangan internal Gedung Putih.

"Trump ingin meredakan ketegangan dengan China dan memprioritaskan ekonomi," kata Mitsushige Akino, pejabat eksekutif di Ichiyoshi Asset Management Co., seperti dikutip Bloomberg.

"Sentimen investor telah membaik, sehingga pembicaraan yang diperpanjang dapat diartikan sebagai pertanda baik oleh para pelaku pasar," lanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Fajar Sidik

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper