Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Minyak Melonjak, Harga Batu Bara Terus Naik

Harga batu bara melanjutkan penguatannya pada akhir perdagangan Kamis (13/12/2018).
Warga memancing ikan di sekitar kapal tongkang pengangkut batu bara di perairan Tanjung Emas, Semarang, Jawa Tengah, Selasa (30/10/2018)./ANTARA-Aji Styawan
Warga memancing ikan di sekitar kapal tongkang pengangkut batu bara di perairan Tanjung Emas, Semarang, Jawa Tengah, Selasa (30/10/2018)./ANTARA-Aji Styawan

Bisnis.com, JAKARTA – Harga batu bara melanjutkan penguatannya pada akhir perdagangan Kamis (13/12/2018).

Berdasarkan data Bloomberg, harga batu bara di bursa ICE Newcastle untuk kontrak teraktif Februari 2019 ditutup menguat 0,49% atau 0,50 poin di level US$102,50 per metrik ton.

Harga batu bara melanjutkan penguatannya pada hari kedua setelah mampu rebound dan berakhir naik 0,20% atau 0,20 poin di posisi 102 pada perdagangan Rabu (12/12).

Sementara itu di bursa ICE Rotterdam, harga batu bara untuk kontrak teraktif Januari 2019 terus menguat 0,56% atau 0,50 poin dan ditutup di level 89,75 kemarin, kenaikan hari ketiga berturut-turut.

Meski demikian, harga batu bara thermal untuk pengiriman Mei 2019 di Zhengzhou Commodity Exchange tergelincir dan berakhir turun 0,42% atau 2,4 poin di level 566,2 yuan per metrik ton pada perdagangan Kamis.

“Peningkatan konsumsi oleh pembangkit listrik karena cuaca dingin belum memperbaiki perdagangan spot yang lesu,” jelas analis Huatai Futures, Sun Hongyuan, dalam risetnya.

Penggunaan harian oleh enam pembangkit listrik utama di China telah meningkat di atas 700.000 ton, level tertinggi sejak Agustus, menurut China Coal Transport and Distribution Association.

Di sisi lain, harga minyak mentah melonjak saat Arab Saudi bersiap untuk memangkas pengiriman ke penyuling minyak AS dalam upaya untuk mencegah penumpukan cadangan.

Minyak West Texas Intermediate untuk pengiriman Januari berakhir melonjak 2,8% atau 1,43 poin di level US$52,58 per barel di New York Mercantile Exchange. Adapun minyak Brent untuk kontrak Februari ditutup melonjak 1,30 poin atau 2,16% di level US$61,45 di bursa ICE Futures Europe London.

Dilansir Bloomberg, perusahaan minyak negara Saudi telah memperingatkan penyuling AS untuk bersiap-siap menghadapi penurunan tajam pengiriman bulan depan. Harga juga didukung oleh laporan penurunan stok besar-besaran di pusat penyimpanan AS di Oklahoma

Sementara itu, Badan Energi Internasional (IEA) memperingatkan bahwa pasokan global mungkin lebih rapuh dari yang diperkirakan sebelumnya.

"Kita harus melihat penurunan persediaan minyak mentah yang berkelanjutan dalam beberapa pekan mendatang dan permintaan yang lebih baik," kata Phil Flynn, analis pasar senior di Price Futures Group di Chicago.

Penyuling di AS telah diingatkan bahwa pengiriman dari Arab Saudi akan menurun pada Januari dibandingkan dengan beberapa bulan terakhir setelah perjanjian OPEC pekan lalu untuk memangkas produksi.

Kabar tersebut menyusul laporan dari IEA bahwa gabungan penurunan produksi dari Iran dan Venezuela bisa mencapai 900.000 barel per hari selama kuartal kedua tahun depan, lebih dari rencana OPEC untuk memangkas produksi.

Sebelumnya, data EIA menyatakan persediaan minyak mentah AS turun 1.21 juta barel pekan lalu, jauh lebih rendah dari penurunan 10,2 juta barel yang dikutip dalam laporan industri sehari sebelumnya. Hal ini memicu aksi jual minyak mentah yang bertahan sampai laporan Genscape dan IEA.

Pergerakan harga batu bara kontrak Februari 2019 di bursa Newcastle

Tanggal                                    

US$/MT

13 Desember

102,50

(+0,49%)

12 Desember

102,00

(+0,20%)

11 Desember

101,80

(-0,15%)

Sumber: Bloomberg

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Fajar Sidik
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper