Kekhawatiran Defisit Anggaran italia Mereda, Indeks Stoxx Europe Ditutup Menguat

Indeks FTSE MIB Italia ditutup menguat 0,9%, sedangkan indeks Stoxx Europe 600 ditutup menguat 0,5% atau 1,90 poin ke level 383,84.
Aprianto Cahyo Nugroho | 04 Oktober 2018 05:10 WIB
Indeks Bursa Eropa - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Bursa saham Italia yang dituutp berbalik menguat menjadi pendorong pasar saham Eropa karena tanda-tanda pemerintah akan menargetkan defisit anggaran yang lebih rendah memadamkan kekhawatiran investor.

Indeks FTSE MIB Italia ditutup menguat 0,9%, sedangkan indeks Stoxx Europe 600 ditutup menguat 0,5% atau 1,90 poin ke level 383,84.

Dilansir Bloomberg, imbal hasil obligasi pemerintah Italia turun kembali berkat laporan bawa pemerintah menargetkan defisit anggaran yang lebih rendah pada taun 2020 dan 2021.

Bank sentral Italia itu mengatakan bank-bank yang melakukan bisnis di Estonia, yang telah menjadi pusat skandal pencucian uang yang melibatkan Danske Bank, menangani arus modal lintas batas senilai lebi dari US$ triliun antara tahun 2008 dan 2017.

Indeks perbankan Eropa kehilangan sekitar 1% dari level tertinggi harian menyusul berita ini dan ditutup menguat hanya 0,5%. Sementara itu, SEB dan Swedbank Swedia, yang keduanya memiliki operasi perbankan di Estonia, ditutup turun 3,3% dan 5,8% masing-masing.

Di sisi lain, emiten aluminium yang terdaftar di Oslo, Norsk Hydro, menjadi penekan saham individu terbesar setelah ditutup jatuh 11,9 setelah mengumumkan akan menutup semua produk dari kilang alumina Alunorte di Brasil.

"Ini adalah peristiwa yang sangat serius bagi Norsk Hydro dan berpotensi menyebabkan kerugian besar," kata seorang pelaku pasar, seperti dikutip Reuters.

Tag : bursa eropa
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top