Tuntaskan IPO, Natura City Kantongi Dana Rp312 Miliar

PT Natura City Developments telah menyelesaikan proses penawaran umum saham perdana. Perseroan mendapatkan dana senilai Rp312 miliar dalam initial public offering (IPO) ini.
Tegar Arief | 26 September 2018 11:57 WIB
perumahan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Natura City Developments telah menyelesaikan proses penawaran umum saham perdana. Perseroan mendapatkan dana senilai Rp312 miliar dari initial public offering (IPO) ini.

Capaian dana tersebut sesuai dengan target yang dipatok perseroan, di mana dana yang diincar dalam proses IPO ini sekitar Rp286 miliar hingga Rp364 miliar.

Perseroan mendapatkan kelebihan permintaan sebanyak 60 kali. Natura menawarkan sebanyak 2,6 miliar saham baru pada harga Rp120 per lembar, yang disertai penerbitan sebanyak 975 juta waran Seri I yang berarti untuk setiap 8 saham IPO para investor memperoleh 3 waran Seri I.

"Dengan mempertimbangkan tingginya minat dari para investor institusi dan ritel, maka kami bersama perseroan memutuskan untuk melakukan penawaran pada jumlah maksimum saham dalam bookbuilding," kata Denny Saliman, VP Investment Banking PT Danatama Makmur Sekuritas selaku penjamin emisi, Rabu (26/9/2018).

Dana yang diperoleh dari penawaran umum ini akan digunakan perseroan untuk pembayaran kewajiban sehubungan dengan pengembangan usaha, tambahan perolehan tanah, dan modal kerja.

Rencana akuisisi tambahan tanah tidak hanya berlokasi di sekitar kawasan pengembangan Serpong Natura City, tetapi juga di kawasan lain yang akan dikembangkan oleh perseroan yang dinilai potensial.

Portofolio Serpong Natura City saat ini sedang mengembangkan area kurang lebih 200 Ha di Kawasan Serpong. Dengan dilakukannya proses akuisisi tanah baru tersebut, diharapkan pendapatan dari Natura City dapat terus meningkat.

Selain melalui penawaran umum saham, perseroan juga mendapatkan tambahan dana segar untuk modal kerja, jika nantinya para pemegang waran seri I melaksanakan haknya untuk membeli saham baru dalam perseroan.

Dalam pengembangan usaha ke depan, perseroan juga akan merambah ke daerah lainnya di Jawa Barat dan Sumatera menyusul semakin meratanya pertumbuhan dan pengembangan daerahdaerah di Indonesia sehingga membuka peluang untuk mengembangkan usahan di daerah lain.

"Sambil mengembangkan daerah Serpong, kami akan terus melihat potensi wilayah lain dan sedang menjajaki ekspansi ke luar Pulau Jawa," kata Elfi Darlis, Direktur Utama PT Natura City Developments.

Dia menambahkan, Serpong merupakan wilayah yang terus berkembang sehingga memiliki nilai investasi yang menguntungkan dan trennya akan berlanjut terus ke depan. Hal ini dapat dilihat dari semakin banyaknya populasi di area Serpong yang dimulai dari tahun 2010.

Adapun secara keuangan untuk periode Desember 2017, Natura City mencatatkan pendapatan sebesar Rp246 miliar, dengan laba usaha Rp103 miliar dan laba bersih Rp105 miliar. Adapun margin laba usaha dan laba bersih sekitar 43%.

Tag : properti, ipo
Editor : Riendy Astria

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top