Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Lamon Rutten: Masalahnya Adalah Mental Jam Karet

1

Langkah Besar

Lamon Rutten: Masalahnya Adalah Mental Jam Karet
Profil singkat Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia atau Indonesia Comodity & Derivatives Exchange (ICDX). - Bisnis/Ilham Nesaba

Bisnis.com, JAKARTA – Tak hanya berambisi menjadi bursa terkemuka di kancah global, Lamon Rutten selaku Chief Executive Officer dari PT Indonesia Commodity & Derivatives Exchange (ICDX) juga berkeinginan agar perusahaannya bisa berperan penting dalam memperkuat perekonomian Indonesia.

“Kami ingin berkontribusi dari berbagai sektor, tidak hanya pada timah tetapi juga bisa membantu petani, dan berkontribusi di semua sektor yang bisa mendukung pembangunan di Indonesia,” ujarnya.

Untuk mewujudkan visi besar tersebut, Lamon mengungkapkan telah menyiapkan sejumlah langkah strategis. Salah satunya adalah dengan pengembangan teknologi. Menurutnya, pengembangan teknologi pada era digitalisasi seperti sekarang sudah menjadi keharusan.

Pada saat awal mengemban tugas sebagai pimpinan perusahaan, dia mengaku sempat mengalami dilema ketika didahadapkan pada pilihan untuk menggunakan teknologi baru atau mengoptimalisasi teknologi yang sudah ada.

Dengan berbagai pertimbangan, akhirnya dia memutuskan untuk tetap memanfaatkan teknologi yang sudah ada sambil dilakukan peningkatan-peningkatan agar berfungsi secara optimal.

Beruntung, langkah pengembangan teknologi yang dipilihnya itu ternyata memberikan hasil yang positif. Dia menyebutkan, berbagai sistem digital yang sudah dijalankan ICDX saat ini antara lain peningkatan pada sistem koneksi antara gudang dan bursa dan sistem manajemen risiko yang lebih memudahkan para nasabah.

Dalam merancang konsep pengembangan bisnis, Lamon mengaku terinspirasi Jeffry Sprecher, CEO Intercontinental Exchange (ICE) atau bursa komoditas yang berbasis di New York, Amerika Serikat. Dia mengaku kagum dengan sosok Jeffry yang berhasil mengembangkan ICE menjadi bursa kedua terbesar di dunia.

“Saya pikir dia punya strategi yang baik sekali, karena dia mulai dari bursa yang kecil sekali, tetapi berkompetisi dengan bursa yang besar dengan menggunakan teknologi dan ide yang terbaik,” ungkapnya.

Tidak hanya belajar strategi bisnis dari tokoh inspiratifnya, Lamon membuka rahasia bahwa kunci kesuksesannya sebagai pimpinan ialah berani bermimpi besar, dan mengambil langkah besar. Oleh sebab itu, sejak usia muda dia sudah mulai berkarier di luar negeri.

Berbagai pengalamannya di luar negeri itulah yang membuatnya cepat beradaptasi ketika ditunjuk menjadi pimpinan di ICDX. Meski berkebangsaan Belanda, dia mengaku sangat menyukai masakan Indonesia terutama masakan Padang seperti Rendang.

Dia juga mengaku sangat mengagumi keindahan alam Indonesia. Beberapa daerah pun pernah dikunjunginya seperti Bangka Belitung, Lombok, dan beberapa daerah lainnya.

2 dari 2 halaman

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

icdx
Editor : Sutarno

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top