Prediksi IHSG Jumat (8/2/2018): Indeks Lanjutkan Konsolidasi, Simak Rekomendasi Sahamnya

Pergerakan indeks diprediksi masih terkonsolidasi pada penutupan perdagangan akhir pekan ini setelah berhasil menguat terbatas pada sesi sebelumnya.
M. Nurhadi Pratomo | 07 Juni 2018 20:40 WIB
Pengunjung mengabadikan papan elektronik yang menampilkan perdagangan harga saham, di Jakarta, Senin (19/2/2018). - JIBI/Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA--Pergerakan indeks diprediksi masih terkonsolidasi pada penutupan perdagangan akhir pekan ini setelah berhasil menguat terbatas pada sesi sebelumnya.

Berdasarkan data Bloomberg, indeks harga saham gabungan (IHSG) bergerak menguat 36,985 poin atau 0,609% ke level 6.106 pada sesi penutupan perdagangan, Kamis (7/6). Mayoritas indeks saham Asia ditutup menguat seperti Indeks Nikkei 0,87%, Indeks TOPIX 0,64%, Indeks Hang Seng 0,81%, dan Indeks KOSPI 0,69%.

Analis Artha Sekuritas Indonesia Juan Harahap menjelaskan bahwa kenaikan IHSG ditopang oleh sektor saham agrikultur dengan penguatan 1,60% serta sektor saham keuangan 1,23%. Menurutnya, pengutan indeks hari ini juga terdorong pernyataan lembaga penjamin simpanan (LPS) terkait pertumbuhan kredit yang mampu menembus 10% secara tahunan.

Juan memproyeksikan IHSG akan bergerak dengan kisaran level support 6.084 dan resistance 6.175.

“IHSG diprediksi menguat terbatas karena perdagangan pada Jumat minim akan adanya sentimen,” ujarnya dalam riset harian, Kamis (7/6).

Adapun, Artha Sekuritas Indonesia merekomendasikan saham untuk perdagangan harian yakni BSDE, GGRM, PWON, LPPF, WSKT, KLBF, MAPI, ANTM, dan INDY.

Di sisi lain, Analis Binaartha Sekuritas M. Nafan Aji Gusta Utama menjelaskan bahwa, berdasarkan daily pivot dari Bloomberg, support pertama dan kedua berada di rentang level 6.084,226 hingga 6.061,752. Adapun, resistance pertama dan kedua berada di kisaran 6.122.803 hingga 6.138,907.

Nafan mengatakan berdasarkan indikator daily, stokastik dan RSI sudah menunjukkan overbought atau jenuh beli meskipun MACD bergerak ke atas menuju area positif. Dengan demikian, indeks berpeluang menuju ke area support.

Binaartha Sekuritas merekomendasikan sejumlah saham yang dapat dicermati yakni AALI, BKSL, INAF, INTP, LPPF, dan SCMA.

Sementara itu, equity technical analyst Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi, mengungkapkan pergerakan IHSG secara teknikal terkonsolidasi dengan bertahan di atas level MA50 sehingga berpeluang besar menguji level resistance MA200 hingga mencoba menuju level 6.200.

Indikator stokastik bergerak di area jenuh beli dengan indikasi dead-cross apabila tertekan melemah dengan momentum bullish indikator RSI yang mulai jenuh di middle oscillator.

“Sehingga diperkirakan IHSG akan bergerak cenderung terkonsolidasi mencoba menguat menguji level MA200 dengan rentang pergerakan support 6.052 dan resistance 6.145."

Reliance Sekuritas Indonesia merekomendasikan saham-saham yang masih dapat dicermati diantaranya AKRA, LSIP, ELSA, INAF, LPCK, MEDC, BTPN, PTRO, dan SMBR.

Tag : IHSG
Editor : Ana Noviani

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top