PREDIKSI IHSG RABU (30/5/2018): Indeks Melanjutkan Penguatan, Cermati Pilihan Sahamnya!

Pergerakan indeks harga saham gabungan berpotensi melanjutkan penguatan yang terjadi pada pembukaan perdagangan pekan ini.
M. Nurhadi Pratomo | 29 Mei 2018 19:59 WIB
Karyawan beraktivitas di dekat monitor pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (23/5/2018). - JIBI/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA - Pergerakan indeks harga saham gabungan berpotensi melanjutkan penguatan yang terjadi pada pembukaan perdagangan pekan ini.

Berdasarkan data Bloomberg, indeks harga saham gabungan (IHSG) ditutup menguat 92,583 poin atau 1,55% ke level 6068,32 pada, Senin (28/5). Sektor saham keuangan mendongkrak kinerja indeks dengan penguatan 2,86%.

Equity Technical Analyst Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi menjelaskan bahwa secara teknikal IHSG mengonfimasi break out resistance neckline dari pola double bottom. Terdapat indikasi indeks akan melanjutkan penguatan hingga menguji level MA200.

Lanjar menyebut indikator stokastik mulai jenuh dengan bergerak mendekati area overbought. Sementara itu, indikator RSI memiliki pergerakan yang cenderung terbuka dalam tren penguatan lebih lanjut.

Dia memproyeksikan indeks akan bergerak di rentang support 6.000 dan resistance 6.137. “IHSG akan bergerak melanjutkan penguatan,” tulisnya dalam riset yang dikutip, Senin (28/5)

Adapun, Reliance Sekuritas Indonesia merekomendasikan sejumlah saham yang masih dapat dicermati yakni AKRA, ASRI, TINS, BBTN, BBRI, ROTI, dan TLKM.

Di sisi lain, Analis Binaartha Sekuritas M. Nafan Aji Gusta Utama menuturkan berdasarkan daily pivot dari Bloomberg, support pertama dan kedua berada di level 6.003,384 hingga 5.938,442. Selanjutnya, resistance pertama dan kedua memiliki rentang pergerakan 6.106,887 hingga 6.145,448.

Berdasarkan indikator daily, sambungnya, MACD telah berhasil membentuk golden cross di area negatif. Adapun, stokastik dan RSI terlihat bergerak ke atas meski telah berada di area overbought.

Nafan mengungkapkan terlihat pola long white opening marubozu candle yang mengindikasikan adanya potensi bullish continuation pada pergerakan harga saham. Dengan demikian, indeks berpotensi menuju ke area level resistance.

Binaartha Sekuritas merekomendasikan sejumlah saham yang dapat dicermati yakni BWPT, ELSA, INDY, MAIN, MEDC, dan SRIL.

Sementara itu, Analis Artha Sekuritas Indonesia Juan Harahap memproyeksikan ekspektasi para pelaku pasar terkait kebijakan Bank Indonesia yang akan menaikkan suku bunga sebesar 25 bps. Selain itu, relaksasi pada sektor properti juga menjadi sentimen positif bagi IHSG untuk mengalami penguatan lebih lanjut.

Juan memprediksi indeks akan bergerakan di level support 6.003 dan resistance 6.131. Dengan demikian, IHSG diperkirakan bakal menguat.

Artha Sekuritas Indonesia memberikan rekomendasi saham harian yakni BSDE, GGRM, BBCA, TLKM, BBTN, BBNI, dan PWON.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
IHSG

Editor : Riendy Astria

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top