Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

ABM Investama (ABMM) Rencanakan Akuisisi 2 Tambang

Emiten pertambangan batu bara PT ABM Investama Tbk. (ABMM) menargetkan akuisisi 2 tambang sampai 2019.
Hafiyyan
Hafiyyan - Bisnis.com 22 Mei 2018  |  16:20 WIB
ABM Investama (ABMM) Rencanakan Akuisisi 2 Tambang
Ilustrasi. - JIBI/Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTAEmiten pertambangan batu bara PT ABM Investama Tbk. (ABMM) menargetkan akuisisi 2 tambang sampai 2019.

Direktur dan CFO PT ABM Investama Tbk. (ABMM) Adrian Sjamsul mengungkapkan, rencana akuisisi tambang sudah didesain sejak akhir 2015. Aktivitas pencarian dana pun dimulai dengan menerbitkan global bond senilai US$300 juta di Bursa Efek Singapura pada Agustus 2017.

Kini, perusahaan sudah mengantongi komitmen perjanjian dengan dua perbankan yang siap memberikan pinjaman masing-masing US$100 juta dan US$150 juta. Dari kas internal, ABMM mengalokasikan US$150 juta untuk akuisisi.

"Sekarang kami memiliki akses dana yang banyak, sehingga akuisisi memang harus segera direalisasikan," ujarnya, Senin (21/5/2018).

Menurutnya, sudah ada 5 tambang pilihan utama yang berlokasi di Kalimantan timur dan Kalimantan Selatan untuk diakuisisi, tetapi baru 2 yang akan direalisasikan. Rencananya, 1 tambang diakuisisi pada 2018, dan 1 tambang lagi pada 2019.

Tambang tersebut memiliki kalori 4.000-an Kcal/kg dengan cadangan 50 juta100 juta ton. Status tambang sudah berjalan, sehingga ketika akuisisi rampung ABMM bisa segera memacu produksi.

Adrian menyampaikan, ketika tren harga batu bara memanas, banyak perusahaan batu bara skala besar merencanakan akuisisi. Bahkan, sejumlah tambang kecil yang menjadi incaran ABMM juga sedang melakukan pembicaraan dengan perusahaan lain.

"Tampaknya semua perusahaan batu bara besar mengincar akuisisi tambang kecil. Harga [nilai akuisisi] pun naik. Makanya proses ini tidak mudah. Tapi kami targetkan realisasi 1 tahun ini," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

abm investama kinerja emiten abmm
Editor : Pamuji Tri Nastiti
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top