Trump Melunak, Indeks Stoxx 600 Berakhir Naik 0,7%

Bursa Eropa berhasil ditutup positif pada perdagangan Kamis (12/4/2018), seiring menyurutnya kekhawatiran geopolitik setelah Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengisyaratkan tindak militer di Suriah mungkin tidak akan terjadi dalam waktu dekat.
Renat Sofie Andriani | 13 April 2018 05:57 WIB
Ilustrasi - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA – Bursa Eropa berhasil ditutup positif pada perdagangan Kamis (12/4/2018), seiring menyurutnya kekhawatiran geopolitik setelah Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengisyaratkan tindak militer di Suriah mungkin tidak akan terjadi dalam waktu dekat.

Indeks saham acuan kawasan Eropa Stoxx Europe 600 berakhir naik 0,7%. setelah mengalami awal sesi yang negatif. Sentimen pasar membaik sepanjang sesi perdagangan, dan Wall Street bergerak tinggi dengan berkurangnya ketegangan atas konfrontasi antara AS dan Rusia di Suriah.

“Kami melihat daya tarik aset berisiko global meningkat tajam hari ini, saat Donald Trump melangkah mundur dari jurang topik Suriah,” komentar analis pasar IG Joshua Mahony, seperti dikutip Reuters.

Trump melunakkan ancamannya terhadap serangan militer terhadap Suriah, dengan mencuit dalam akun Twitter-nya, “Tidak pernah mengatakan kapan serangan terhadap Suriah akan terjadi. Bisa jadi segera atau tidak secepat itu!”.

Saham Sulzer reli 19,5% setelah pembuat pompa asal Swiss ini menyatakan membebaskan diri dari sanksi AS.

Mengenyampingkan kekhawatiran geopolitik, berita merger dan akuisisi turut menggerakkan sesi perdagangan terhadap indeks.

Saham Micro Focus menguat 7,5% setelah pedagang mengutip laporan Bloomberg bahwa hedge fund Elliott Management telah menerima saham di perusahaan perangkat lunak asal Inggris tersebut.

Saham Firstgroup menguat 8,1% menyusul kabar menolak pendekatan pengambilalihan dari Apollo, sementara saham Playtech naik 5,7% setelah setuju untuk membeli perusahaan asal Italia Snaitech dalam kesepakatan senilai US$1 miliar. Saham Snaitech sendiri melonjak 14,6%.

Sementara itu, saham Shire naik 2,6% setelah sumber Reuters mengungkapkan Takeda telah mengeluarkan kreditur untuk pinjaman demi membantu membiayai kemungkinan tawaran untuk spesialis penyakit langka asal Inggris ini.

Adapun Man Group, hedge fund terbesar di dunia, mencatat kinerja terbaik pada indeks STOXX 600 dengan kenaikan 8% setelah melaporkan arus masuk bersih kuartal pertama yang kuat.

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bursa eropa

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup